AULIA NUR LAYLI FAJRIYANI (2019) TINGKAT KEPUASAN PASIEN MUSLIM TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI SYARIAH DI LAYANAN KESEHATAN GIGI BERBASIS ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Text
KG. 227-19 Faj t ABSTRAK.pdf Download (195kB) |
|
Text
KG. 227-19 Faj t DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
KG. 227-19 Faj t DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
|
Text (FULLTEXT)
KG. 227-19 Faj t BR.pdf Restricted to Registered users only until 30 December 2022. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar Belakang: Populasi Muslim di dunia tercatat sejumlah 1,7 milyar jiwa pada tahun 2014 dan diprediksi akan meningkat menjadi sejumlah 2,2 milyar jiwa pada tahun 2030. Setiap tahunnya populasi penduduk Muslim di dunia terus meningkat sebanyak 1,5% di mana jumlah tersebut merupakan dua kali lipat dibandingkan dengan pertumbuhan penduduk non-Muslim. Tingginya angka penduduk Muslim menyebabkan perlunya penyesuaian terhadap kebutuhan pasar di berbagai bidang, khususnya bidang kesehatan. Sebuah penyedia layanan kesehatan harus secara konstan menyediakan layanan yang dapat diandalkan dan dapat memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan pasien untuk meningkatkan kepuasan pasien sehingga persepsi kebutuhan pasien dan performa layanan kesehatan penting diketahui untuk menciptakan layanan kesehatan gigi syariah yang sesuai dengan kebutuhan Muslim. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien Muslim terhadap pelayanan kesehatan gigi syariah di Layanan Kesehatan Gigi Islam Metode: Penelitian ini dilakukan di empat Layanan Kesehatan Gigi Berbasis Islam di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan kuesioner service quality yang disesuaikan dengan standar akreditasi Rumah Sakit Islam DSN-MUI. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Importance-Performance Analysis. Hasil: Pada penelitian ini didapatkan 138 responden. Pada penelitian ini didapatkan dua elemen yang berada pada kuadran I, sebelas elemen pada kuadran II, tujuh elemen pada kuadran III, dan empat elemen pada kuadran IV. Simpulan: Tingkat kepuasan pasien terhadap layanan kesehatan gigi syariah cukup tinggi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKA KK KG. 227-19 Faj t | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Muslim, Syariah, Service Quality, Layanan Kesehatan Gigi | |||||||||
Subjects: | R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry | |||||||||
Divisions: | 02. Fakultas Kedokteran Gigi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | |||||||||
Date Deposited: | 30 Dec 2019 03:22 | |||||||||
Last Modified: | 30 Dec 2019 03:22 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93284 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |