KORELASI ANTARA JUMLAH GIGI PERMANEN YANG TELAH ERUPSI DENGAN CERVICAL VERTEBRAE MATURATION

ALISAWATI HILDA AGUSTIN (2019) KORELASI ANTARA JUMLAH GIGI PERMANEN YANG TELAH ERUPSI DENGAN CERVICAL VERTEBRAE MATURATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG 206 19 Agu k ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
KG 206 19 Agu k DAFTAR ISI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
KG 206 19 Agu k DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (40kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 206 19 Agu k.pdf
Restricted to Registered users only until 6 January 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Usia gigi geligi, usia skeletal, jenis kelamin dan usia kronologis merupakan faktor yang penting saat merencanakan diagnosa dan perencanaan perawatan kasus ortodonti. Usia gigi geligi dapat ditentukan dari tahapan erupsi dan kalsifikasi gigi dengan menggunakan foto radiografi panoramik. Penilaian kematangan skeletal dapat dievaluasi dengan memeriksa perubahan pada dimensi bentuk dan ukuran menggunakan tahapan cervical vertebrae maturation (CVM) pada foto radiografi sefalometri. Menurut beberapa penilitian menyatakan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kalsifikasi gigi dan kematangan skeletal servikal vertebra. Tujuan: Mengetahui korelasi antara jumlah gigi permanen yang telah erupsi dengan cervical vertebrae maturation. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sebanyak 50 sampel foto radiograf panoramik, model studi dan foto radiograf sefalometri diteliti. Jumlah gigi permanen yang telah erupsi ditentukan menggunakan foto panoramik dan model studi. Kematangan skeletal ditentukan menggunakan tahapan CVM. Data yang didapat dilakukan penilaian sistem skoring. Uji analisis statistik Spearman’s rho correlation digunakan untuk melihat korelasi antara jumlah gigi permanen yang telah erupsi dengan tahapan CVM. Hasil: Data yang diperoleh menyatakan bahwa terdapat variasi jumlah gigi permanen yang telah erupsi dan tahap kematangan tulang paling banyak ditemukan pada tahap 1 dan 2 pada rentang usia 7-11 tahun. Pada uji korelasi spearman didapatkan nilai signifikansi 0,038 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara jumlah gigi permanen yang telah erupsi dengan tahapan CVM. Kesimpulan: Terdapat korelasi antara jumlah gigi permanen yang telah erupsi dengan cervical vertebrae maturation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG.206/19 Agu k
Uncontrolled Keywords: Erupsi gigi permanen, cervical vertebrae maturation, foto radiografi panoramik, foto radiografi sefalometri
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
ALISAWATI HILDA AGUSTINNIM021611133042
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus NarmadaNIDN0007015603
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:11
Last Modified: 06 Jan 2020 02:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93405
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item