POTENSI LIQUID SMOKE TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera L.) TERHADAP EKSPRESI VEGF PADA ULKUS ORAL TRAUMATIKUS TIKUS DIABETES MELLITUS

INDIRA ARELLA HARIANTO (2019) POTENSI LIQUID SMOKE TEMPURUNG KELAPA (Cocos nucifera L.) TERHADAP EKSPRESI VEGF PADA ULKUS ORAL TRAUMATIKUS TIKUS DIABETES MELLITUS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
KG 207 19 Har p ABSTRAK.pdf

Download (44kB)
[img] Text
KG 207 19 Har p DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
KG 207 19 Har p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] Text (FULLTEXT)
KG 207 19 Har p.pdf
Restricted to Registered users only until 6 January 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http://lib.Unair.ac.id

Abstract

Latar belakang: Diabetes mellitus merupakan penyakit sistemik yang dapat menyebabkan terlambatnya penyembuhan oral traumatikus. Vaskularisasi yang tertunda, penurunan imun, dan penurunan produksi growth factor, serta stres psikologis pada pasien DM merupakan pemicu lambatnya proses penyembuhan ulkus traumatikus. Liquid smoke tempurung kelapa merupakan salah satu hasil pirolisis dari tempurung kelapa yang memiliki sifat antiseptik, anti-inflamasi dan anti-oksidan yang berperan dalam penyembuhan ulkus. Kandungan phenolic compound pada liquid smoke tempurung kelapa mampu menghambat radikal bebas dan NFkB serta meningkatkan jumlah kolagen. Phenolic compound diperkirakan mampu meningkatkan ekspresi VEGF yang berperan dalam penyembuhan ulkus traumatikus. Tujuan: Menganalisis potensi pemberian liquid smoke tempurung kelapa terhadap ekspresi VEGF pada ulkus traumatikus tikus diabetes mellitus. Metode: Induksi alloxan pada tikus wistar jantan untuk membuat model diabetes mellitus. Setelah mencapai kondisi diabetes mellitus, ulkus traumatikus dibuat sepanjang 10 mm pada regio labial fornix incisive inferior menggunakan round stainless steel blade. Ulkus diterapi dengan topikal aplikasi aquades (kontrol -), benzydamine hydrochloride (kontrol +), dan liquid smoke tempurung kelapa (perlakuan) 20μL/20gr berat badan sekali sehari. Pengambilan jaringan labial fornix incisive anterior setelah topikal aplikasi selama 3, 5, dan 7 hari. Ekspresi VEGF diperiksa menggunakan pemeriksaan histologis dan pewarnaan imunohistokimia. Hasil: Uji ANOVA menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan pada kelompok aplikasi topikal selama 3 hari (p>0.05). Aplikasi topikal liquid smoke tempurung kelapa selama 5 dan 7 hari menunjukkan ekspresi VEGF yang lebih tinggi dibandingkan aquades dan benzydamine hydrochloride (p=0.000 dan p=0.005) (p=0.000 dan p=0.019). Kesimpulan: Liquid smoke tempurung kelapa berpotensi meningkatkan ekspresi VEGF pada ulkus traumatikus tikus diabetes mellitus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK KG. 207/19 Har p
Uncontrolled Keywords: diabetes mellitus, liquid smoke tempurung kelapa, ulkus traumatikus, VEGF, penyembuhan ulkus
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
INDIRA ARELLA HARIANTONIM021611133163
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAdiastuti Endah PNIDN0017055903
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Jan 2020 02:14
Last Modified: 06 Jan 2020 02:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93406
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item