Keabsahan Penggunaan Sepeda Listrik Berbasis Aplikasi Online Sebagai Alat Transportasi Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pengangkutan di Indonesia

Devina Tharifah Arsari (2019) Keabsahan Penggunaan Sepeda Listrik Berbasis Aplikasi Online Sebagai Alat Transportasi Ditinjau Dari Perspektif Hukum Pengangkutan di Indonesia. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (905kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (41kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text (DAFTAR PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN)
4. DAFTAR PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB I)
5. BAB I .pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB II)
6. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7. BAB III .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 3 February 2023.

Download (107kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kolaborasi antara teknologi dan pengangkutan kembali melahirkan inovasi yang menarik. Pada Agustus 2017, PT Migo Anugerah Sinergi menghadirkan Migo e-bike sebagai aplikasi penyewaan sepeda listrik berbasis online pertama di Indonesia. Di satu sisi keberadaan sepeda listrik berbasis aplikasi online merupakan sebuah kemajuan dalam bidang pengangkutan di Indonesia, namun hal tersebut tidak turut didukung dengan adanya regulasi yang matang. Sepeda listrik merupakan jenis kendaraan listrik yang merupakan pengembangan dari sepeda konvensional. Apabila sepeda konvensial hanya dapat digerakkan menggunakan pedal, lain halnya dengan sepeda listrik yang memiliki tambahan baterai dan motor listrik sebagai alat bantu geraknya. Peraturan perundang-undangan di Indonesia belum mampu mengakomodir keberadaan sepeda listrik sebagai salah satu jenis kendaraan. Hal ini menyebabkan kedudukan sepeda listrik seolah-olah berada diantara jenis kendaraan sepeda dan sepeda motor listrik. Selain itu, dilihat dari segi keselamatan berkendara, juga belum ada legal standing yang mengatur mengenai kelaikan kendaraan ini bisa berinteraksi dengan pengguna motor dan pengguna jalan lainnya. Peneltian ini merupakan penelitian normatif yuridis dengan menggunakan pendekatan perunndang-undangan, pendekatan konseptual dan pendekatan studi komparasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasannya di Indonesia sepeda listrik cenderung diklasifikasikan sebagai kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sehingga untuk mendapatkan legitimasi hukumnya,sementara ini sepeda listrik yang hendak digunakan di jalan raya harus diuji menggunakan standar uji sepeda motor listrik. Sementara itu kelaikan penggunaan sepeda listrik berbasis online sebagai alat transportasi di jalan raya belum di jalan raya belum mampu memenuhi standar keselamatan berkendara sebagai kendaraan bermotor. Sedangkan pada saat terjadi kecelakaan lalu lintas tanggung jawab penyedia aplikasi terbatas pada hal-hal yang tertuang dalam perjanjian layanan aplikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 15/20 Ars k
Uncontrolled Keywords: Sepeda listrik berbasis aplikasi online, legalitas sepeda listrik, kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, tanggung jawab penyedia aplikasi.
Subjects: K Law
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Devina Tharifah ArsariNIM031611133086
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZahry Vandawati ChumaidaNIDN0003047302
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 03 Feb 2020 03:00
Last Modified: 03 Feb 2020 03:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93769
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item