Analisis Kinerja Perawat Pembimbing Klinik dengan Pendekatan Teori Kinerja dan Indikator Kompetensi

Srinalesti Mahanani and Yulis Setiya Dewi and Widji Soeratri (2014) Analisis Kinerja Perawat Pembimbing Klinik dengan Pendekatan Teori Kinerja dan Indikator Kompetensi. Jurnal Ners, 9 (2). pp. 329-338. ISSN 1858-3598

[img] Text (FULLTEXT)
C-16 Artikel.pdf

Download (857kB)
[img] Text (PEER REVIEW)
C-16 Reviewer.pdf

Download (614kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/2...

Abstract

Pembelajaran klinis adalah suatu proses transformasi seorang mahasiswa untuk menjadi perawat profesional. Perawat pembimbing klinik berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran klinis karena memiliki berbagai peran mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi praktik pembelajaran klinis . Peningkatan kualitas pembelajaran praktik klinis, dapat dicapai dengan meningkatkan kinerja perawat pembimbing klinik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel psikologis dan variabel organisasi terhadap kompetensi dan kinerja perawat pembimbing klinik. Metode: Sampel penelitian ini adalah pendidik klinis perawat yang bekerja di bangsal rawat inap di Rumah Sakit Baptis Kediri. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap. Tahap I mengukur kompetensi dan kinerja perawat pembimbing klinik oleh kepala ruang dan mahasiswa, serta variabel psikologis dan variabel organisasi oleh perawat pembimbing klinik. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Tahap II melakukan focused group discussion untuk mendiskusikan tentang variabel yang mempengaruhi kompetensi dan kinerja perawat pembimbing klinik. Data diolah menggunakan partial least square dengan α = 0,05, path koefisien = 0,5 dan t tabel = 1,96. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja perawat pembimbing klinik dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan kompetensi individu yang ditunjukkan dengan koefisien path = 0.600 dan t = 6.741. Sedangkan kompetensi individu akan meningkat dengan adanya peningkatan aspek psikologis perawat pembimbing klinik yang meliputi persepsi, kepribadian, motivasi, kemampuan belajar dan sikap dengan koefisien path sebesar = 0,518 dan t = 2,715. Peningkatan aspek psikologis sebanding dengan peningkatan variabel organisasi yang meliputi sumber daya organisasi, imbalan, struktur organisasi dan desain pekerjaan dengan koefisien path sebesar = 0,825 dan t = 19,658. Diskusi: Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa peningkatan kompetensi dan kinerja perawat pembimbing klinik dapat diupayakan dengan peningkatan kualitas aspek psikologis. Aspek psikologis akan dapat ditingkatkan melalui peningkatan variabel organisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kompetensi, kinerja, perawat pembimbing klinik
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
Srinalesti MahananiUNSPECIFIED
Yulis Setiya DewiUNSPECIFIED
Widji SoeratriNIDN0006105103
Depositing User: Mr M. Fuad Sofyan
Date Deposited: 2015
Last Modified: 10 Feb 2020 07:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93816
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item