Pemaknaan dan Konstruksi Identitas Kota Surabaya Dalam Merchandise Sawoong

Andri Suryandari (2012) Pemaknaan dan Konstruksi Identitas Kota Surabaya Dalam Merchandise Sawoong. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (JUDUL)
1. JUDUL.pdf

Download (496kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR GAMBAR)
4. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (34kB)
[img] Text (BAB I)
5. BAB I.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB II)
6. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
7. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
8. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
9. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode analisis tekstual karena dianggap sesuai untuk menjelaskan makna yang ada pada visual image pada desain merchandise Sawoong. Teks (desain) akan diletakkan dalam konteks sosialnya agar analisis tidak hanya berhenti pada teks saja, melainkan juga kepada makna yang lebih dalam (konotasi). Menggunakan teori pemaknaan, penulis mengangkat permasalahan mengenai pemaknaan Sawoong terhadap heritage Surabaya yang dituangkan dala desain merchandise. Dalam 7 desain merchandisenya, Sawoong berusaha memperkuat citra-citra tertentu yang positif mengenai kota Surabaya, terutama sebagai kota kenangan melalui visualisasi dan konotasi positif yang memadukan berbagai ikon, gambar serta kata-kata. Konotasi-konotasi tersebut hadir sedemikian rupa sehingga nampak natural dan seolah-olah tak terbantahkan identitas kota Surabaya antara lain sebagai kota yang nyaman, indah, teratur, bahkan sebagai kota kenangan dikontruksi melalui representasi yang diatur sedmikan rupa untuk menimbulkan makna seperti yang diinginkan Sawoong. Dibalik representasi mengenai kota Surabaya yang diciptakan oleh Sawoong terdapat sebuah kepentingan demi berputarnya roda ekonomi dan budaya yang akan menghasilkan keuntungan bagi Sawoong. Identitas bisa diproduksi elalui representasi yang merupakan sebuah sistem simbolik. Sementara itu, sebuah representasi memiliki karakteristik yang khas, yaitu menunjuk kepada sesuatu yang lain yang bukan dirinya. Namun seringkali sebuah representasi justru beralih menjadi apa yang direpresentasikannya dan seolah-olah menjadi ‘realitas’ yang baru. Melalui representasi tersebut, sebuah identitas baik yang sama maupun yang baru bisa menjadi seolah-olah nyata, dan bukan sebuah rekaan. Representasi yang dilakukan Sawoong melalui produk Sawoong yang bernuansa tempo doloe, membawa nostalgia akan masa kolnial, mengangkat memori colonial sebagai bagian dari sejarah identitas Surabaya. Upaya penggambaran artefak budaya dalam desain visual heritage Sawoong menunjukkan bahwa Sawoong berusaha melakukan penyelamatan warisan budaya Surabaya. Kata kunci: Representasi, Identitas, Semiotik, Warisan Budaya, Surabaya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Representasi, Identitas, Semiotik, Warisan Budaya, Surabaya.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Andri SuryandariNIM071046017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMusta'in MashudNIDN196001201986041001
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 2015
Last Modified: 19 Jan 2024 00:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93840
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item