Pemungutan Pajak Terhadap Layanan Media Streaming Digital Dengan Bentuk Usaha Tetap

Miraclesia Gita Chara (2020) Pemungutan Pajak Terhadap Layanan Media Streaming Digital Dengan Bentuk Usaha Tetap. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (389kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 6 February 2023.

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemungutan pajak, baik pajak nasional maupun pajak daerah, dilakukan terhadap berbagai aspek perekonomian negara, salah satunya adalah dalam kegiatan usaha. Ada banyak jenis kegiatan usaha yang dapat dipungut pajak, salah satunya adalah kegiatan usaha berupa penyediaan layanan media streaming digital berupa film, acara televisi, musik, video komersial dan podcast. Penyediaan layanan media streaming digital di Indonesia hingga saat ini masih didominasi oleh perusahaan asing seperti Netflix, Iflix, Spotify, Joox dan lain sebagainya. Dalam skripsi iniakan diuraikan mengenai apa ratio legis pemungutan pajak bagi perusahaan layanan media streaming digital dengan bentuk usaha tetap dan upaya penegakan hukum pemungutan pajak apa saja yang dapat diterapkan bagi layanan media streaming digital dengan bentuk usaha tetap. Keberadaan perusahaan layanan media streaming digital sebagai perusahaan asing di Indonesia merupakan salah satu contoh subjek pajak luar negeri yang melakukan kegiatan usaha di Indonesia. Kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan layanan media streaming digital dilakukan melalui bentuk usaha tetap sehingga kedudukannya sama dengan subjek pajak badan yang merupakan subjek pajak dalam negeri dan dapat dipungut Pajak Penghasilan yang sama dengan perusahaan dalam negeri. Sebagai subjek Pajak Pertambahan Nilai, maka perusahaan layanan media streaming digital harus mendaftarkan kegiatan usahanya untuk kemudian dikukuhkan sebagai Pengusaha Kena Pajak dan dipungut Pajak Pertambahan Nilai. Dalam hal pemungutan pajak, pemerintah yang bertindak sebagai pengawas berwenang untuk melakukan pemeriksaan terhadap wajib pajak sebagai bentuk penegakan hukum preventif. Ada pula sanksi sebagai penegakan hukum represif bagi pelanggaran yang dilakukan perusahaan layanan media streaming digital selaku wajib pajak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH 39/20 Cha p
Uncontrolled Keywords: Layanan Media Streaming Digital, Bentuk Usaha Tetap, Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai.
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ4629-4830 Income tax
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Miraclesia Gita CharaNIM031611133032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDeddy SutrisnoNIDN0016066102
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 2015
Last Modified: 06 Feb 2020 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93921
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item