Pembangunan Pelembagaan Partai Persatuan Indonesia (PERINDO) Sebagai Partai Politik Baru di Indonesia

Hatta Abdi Muhammad (2017) Pembangunan Pelembagaan Partai Persatuan Indonesia (PERINDO) Sebagai Partai Politik Baru di Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. JUDUL .pdf

Download (346kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (220kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I .pdf

Download (773kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (79kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pembangunan pelembagaan Partai Persatuan Indonesia (Perindo). Tujuan penelitian yakni untuk mengidentifikasi pembangunan pelembagaan pada Partai Persatuan Indonesia dalam konteks partai politik baru. Dalam menaksir derajat pelembagaan politik Partai Persatuan Indonesia, Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pelembagaan partai politik oleh Vicky Randall dan Lars Svasand dimana terdapat 4 parameter dalam pelembagaan partai, yakni (1) Derajat kesisteman (2) Derajat identitas nilai (3) Derajat otonomi (4) Derajat pengetahuan atau citra public. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik snowball yakni dengan mewawancarai tokoh-tokoh yang berperan dalam proses pembangunan pelembagaan pada awal pembentukan Partai Persatuan Indonesia serta studi terhadap data-data sekunder yang berasal dari berbagai referensi seperti dokumen partai, serta penelusuran situs-situs yang memuat hasil riset yang menjadi objek kajian. Dari analisa data, dapat disimpulkan bahwa Partai Persatuan Indonesia masih memiliki derajat pelembagaan yang rendah. Kesimpulan ini diambil dari penaksiran terhadap hasil penelitian pada setiap dimensi yang digunakan, yakni: (1) Sebagai partai politik baru, Partai Persatuan Indonesia sangat mengedepankan keputusan Hary Tanoesoedibjo selaku tokoh sentral, ketua umum dan pemegang otoritas kedudukan tertinggi Partai Persatuan Indonesia dalam setiap pengambilan keputusan baik pada pembentukan kepengurusan di tingkat pusat dan daerah hingga kebijakan politik yang dilakukan (2) Partai Persatuan Indonesia tergolong masih memiliki dukungan loyalitas yang lemah karena masih tergolong partai politik baru dan proses mematangkan identitas nilai terus diupayakan melalui kebijakan politik yang dilakukan (3) Dalam konteks dimensi otonomi, Partai Persatuan Indonesia terus dimatangkan dengan kunjungan kerja politik Hary Tanosoedibjo dengan memanfaatkan media MNC Group yang dimiliki (4) Namun, dalam derajat pengetahuan public terhadap Partai Persatuan Indonesia tergolong cukup tinggi. Hal ini didasarkan tingkat pengetahuan public terhadap Partai Persatuan Indonesia. Pemanfaatan kampanye dengan penggunaan media menjadikan public mengetahui secara cepat keberadaan Partai Persatuan Indonesia dan demikian dapat dijadikan cara dalam rangka membentuk citra baik public terhadap Partai Persatuan Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelembagaan Politik, Partai Persatuan Indonesia, Derajat Pelembagaan Politik
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia > 6651 Political institutions and public administration (Asia,Africa, Australia, Pacific Area, etc.)
J Political Science
J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Hatta Abdi MuhammadNIM071514453008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti AminahUNSPECIFIED
Thesis advisorAji SahabUNSPECIFIED
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 14 Dec 2022 04:13
Last Modified: 14 Dec 2022 04:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/93994
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item