Amelia Puspitasari (2012) Hubungan Antara Faktor Manusia dan Faktor Kendaraan Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Sopir Angkutan Barang (Studi Pada Sopir Angkutan Barang PT Gudang Garam Tbk Kediri Tahun 2011). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. JUDUL.pdf Download (298kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (123kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (106kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I.pdf Download (220kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
9. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VII)
10. BAB VII.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (124kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas pada sopir, yang merupakan bagian dari kecelakaan kerja, kian meningkat di tahun 2011 dibanding tahun-tahun sebelumnya, tetapi penyebabnya tidak pernah ditangani hingga akarnya. Bahkan sopir cenderung disalahkan dan menjadi satu-satunya pihak yang bertanggungjawab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan factor manusia dan factor kendaraan dengan terjadinya kecelakaan kerja pada sopir angkutan barang di PT Gudang Garam, Tbk Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasional deskriptif. Pengambilan data dilaksanakan di seksi transportasi barang PT Gudang Garam Tbk Kediri, selama bulan April 2012 dengan jumlah responden 24 pekerja. Data yang terkumpul dianalisa gambaran frekuensinya dan dilanjutkan dengan uji koefisien kontingensi dan korelasi spearman. Pada seksi transportasi barang PT Gudang Garam Tbk Kediri diketahui bahwa angka kecelakaan untuk frequency sebesar 33,21 dan severity rate sebesar 0,06. Hal ini menunjukkan angka kecelakaan yang berarti. Hasil peneltian menunjukkan bahwa dengan pendidikan terakhir SLTP, paling banyak bekerja selama lebih dari 10 tahun, sebagian besar bekerja < 8jam/hari, seluruhny memiliki status kawinm hampir seluruhnya memiliki tipe kepribadian B, sebagian besar mengalami kecelakaan saat shift pagi/siang, paling banyak memakai kendaraan Marcedez Benz 2528, hampir sama jumlahnya antara memakai kendaraan dengan tahun pembuatan < tahun 2000 dan > tahun 2000, dan sama jumlahnya antara jenis kecelakaan dengan pendidikan terakhir (C=0,387), jenis kendaraan (C=0,448), dan tahun pembuatan kendaraan (C=0,293). Tetapi hanya ada hubungan yang lemah antara jenis kecelakaan dengan usia (C=0,057), masa kerja (C=0,163), lama jam kerja per hari (C=0,164), tipe kepribadian (C=0,164), jam kerja/shift (C=0,156), dan lama pemakaian kendaraan (C=0,191). Dapat disimpulkan bahwa pekerjaan sebagai sopir angkutan barang di PT Gudang Garam Tbk Kediri berisiko mengalami kecelakaan lalu lintas. Oleh sebab itu, sebaiknya pihak perusahaan mengadakan kebijakan untuk penerapan terakhir bagi sopir adalah minimal SMA dan kebijakan untuk penerapan terakhir bagi sopir adalah minimal SMA dan kebijakan untuk penerapan Behavior-based Safety (BBS), perusahaan sebaiknya memprioritaskan penerimaan sopir dengan tipe kepribadian A, dan perusahaan sebaiknya mempertimbangkan jenis kendaraan dan tahun pembuatan kendaraan yang digunakan sebagai armadanya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||
---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecelakaan kerja, factor manusia, factor kendaraan | ||||
Subjects: | H Social Sciences H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents |
||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||
Creators: |
|
||||
Depositing User: | Ika Rudianto | ||||
Date Deposited: | 06 Dec 2020 15:56 | ||||
Last Modified: | 06 Dec 2020 15:56 | ||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94058 | ||||
Sosial Share: | |||||
Actions (login required)
View Item |