Motif Go Public, Herding, Ukuran Perusahaan, dan Underpricing pada Pasar Modal Indonesia

Rohmad Fuad Armansyah (2009) Motif Go Public, Herding, Ukuran Perusahaan, dan Underpricing pada Pasar Modal Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (JUDUL)
1. JUDUL .pdf

Download (319kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (101kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I.pdf

Download (876kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (853kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 . BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII)
10. BAB VII .pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Underpricing menjadi fenomena yang sering dialami oleh perusahaan-perusahaan yang melakukan Initial Public Offering (IPO) diberbagai negara di dunia, dimana harga penawaran saham lebih rendah daripada harga penutupan perdagangan ketika saham tersebut diperdagangkan pertama di bursa saham. Berdasarkan teori Rock (1982), adanya asimetri informasi tentang perusahaan yang IPO mendorong terjadinya fenomena underpricing, dimana informasi mengenai perusahaan tidak tersebar merata di antara investor sehingga menimbulkan ketidakpastian diantara investor sehingga menimbulkan underpricing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh dari motif perusahaan melakukan go public, adanya herding di pasar saham, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing dengan menggunakan sampel 257 perusahaan yang melakukan IPO pada tahun 1990-Juni 2009 di Bursa Efek Indonesia. sample diambil dengan menggunakan purposive sampling dengan kriteria saham mengalami underpriced dan sahan tidk di de-list seluruhnya dari bursa. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan analisa regresi berganda dan analisis jalur untuk menguji hubungan antara tujuan perusahaan go public, herding, dan ukuran perusahaan terhadap tingkat underpricing. Hasil analisis menunjukkan, motif perusahaan go public dan herding berpengaruh positif terhadap tingkat underpricing tetapi secara statistic tidak signifikan. Ukuran perusahaan yang diukur dengan menggunakan total asset berpengaruh negative dan secara statistic signifikan terhadap tingkat underpricing pada saat hari pertama perdagangan di bursa saham. Kata kunci: go public, herding, total asset, underpricing.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: go public, herding, total asset, underpricing
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Rohmad Fuad ArmansyahNIM090710263
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri IsmiyantiNIDN0023097607
Depositing User: Ika Rudianto
Date Deposited: 06 Dec 2020 14:37
Last Modified: 06 Dec 2020 14:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94081
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item