Handling Komplain (Studi Deskriptif Tentang Handling Komplain Department F&B Rhubar Seafood Restaurant Di Lotus Desaru Beach Resort And Spa)

Lovirra Ayu Naftalina (2019) Handling Komplain (Studi Deskriptif Tentang Handling Komplain Department F&B Rhubar Seafood Restaurant Di Lotus Desaru Beach Resort And Spa). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (404kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (224kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (411kB)
[img] Text
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PENYAJIAN DAN INTERPRETASI DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (267kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 February 2023.

Download (296kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pada jaman sekarang usaha pariwisata semakin maju, penyebabnya adalah karena ditemukannya banyak destinasi wisata baru, baik alami maupun buatan. Banyaknya tempat baru ini juga mempengaruhi usaha perhotelan untuk mengimbangi destinasi wisata yang ada. Usaha akomodasi perhotelan memiliki banyak jenis, salah satunya resort, yang tidak hanya digunakan sebagai tempat istirahat tapi terkadang juga menyediakan sarana wisata tesendiri, dan memiliki fasilitas yang lebih lengkap dari tempat akomodasi lainnya karena memiliki lahan yang luas. Banyak department yang ada di dalam hotel salah satunya adalah Food & Baverage Dept. Ini adalah department yang menyediakan makanan dan minuman yang akan dinikmati oleh tamu, mulai dari awal persiapan hingga akhir penyajian hingga sampai kepada tamu, hingga nanti membersihkan peralatan makan yang digunakan tamu di meja makan. Tujuan dilakukannya penelitia ini adalah untuk mengetahui hal hal apa yang menjadi faktor penyebab terjadinya komplain di Rhubar Seafood Restaurant dan bagaimana cara staff menangani komplain tersebut. Metode yang digunakan peneliti untuk mendapatkan informasi ini adalah dengan melakukan wawancara dengan staff dan supervisor yang bekerja di Rhubar Seafood Restaurant, observasi dan beberapa data pribadi maupun data perusahaan, peneliti juga menggunakan metode penelitian kualitatif sehingga hasil yang dikumpulkan dan di sampaikan berupa gambar dan data Dari penelitian ini, hasil yang di dapatkan dari wawancara tersebut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi adanya komplain di Rhubar Seafood Restaurant adalah urutan keluarnya makanan tidak sesuai, banyak serangga, pesanan salah hantar, makanan lambat datang. Penanganan komplain di Rhubar Seafood Restaurant dinilai kurang efisien karena terhalangnya bahasa dan kurangnya pelatihan yang diberikan kepada staff mengenai handling komplain yang seharusnya merupakan hal yang kecil untuk ukuran Lotus Desaru Beach Resort and Spa yang memiliki 4 bintang dan bergelar internasional dan memiliki banyak cabang salah satunya di Johor Bahru tempat peneliti melakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW 10/20 Naf h
Uncontrolled Keywords: Handling Komplain (Studi Deskriptif Tentang Handling Komplain Department F&B Rhubar Seafood Restaurant Di Lotus Desaru Beach Resort And Spa)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Lovirra Ayu NaftalinaNIM151611413002
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma SuryaniNIDN0023127502
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 13 Feb 2020 06:28
Last Modified: 13 Feb 2020 06:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94232
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item