Upacara Masabatan Biu Pada Sekaa Teruna Di Desa Tenganan Dauh Tukad, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem (Studi Deskriptif Proses Upacara Masabatan Biu di Desa Tenganan Dauh Tukad)

Ni Nengah Dea Ayu Ferina (2019) Upacara Masabatan Biu Pada Sekaa Teruna Di Desa Tenganan Dauh Tukad, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem (Studi Deskriptif Proses Upacara Masabatan Biu di Desa Tenganan Dauh Tukad). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (497kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (425kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (506kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III UPACARA MASABATAN BIU PADA SEKAA TERUNA DI DESATENGANAN DAUH TUKAD, KECAMATAN MANGGIS, KABUPATENKARANGASEM.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (425kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Upacara Masabatan Biu adalah upacara perang adat yang dilaksanakan pada Aci Sasih Ketiga (bulan ketiga menurut penggalan Desa Tenganan Dauh Tukad) yang dilakukan sekelompok pemuda laki-laki yaitu Sekaa Teruna di Desa Tenganan Dauh Tukad. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Upacara Masabatan Biu di Desa Tenganan Dauh Tukad. Upacara adat ini dilakukan untuk mempertahankan kebudayaan nenek moyang mereka yang ada sejak dahulu sehingga tetap dipertahankan hingga saat ini, oleh karena itu sebagai Sekaa Teruna (sekelompok pemuda) tetap melakukan Masabatan Biu. Dari cara mereka mempertahankan Masabatan Biu ini peneliti tertarik untuk meneliti lebih lanjut mengenai Upacara Masabatan Biu di Desa Tenganan Dauh Tukad. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara mendalam. Data yang sudah di peroleh dianalisis dengan menggunakan teori interpretatif budaya dari Clifford Geertz. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa upacara Masabatan Biu yang dilakukan oleh Sekaa Teruna terdapat nilai agama serta integritas di dalamnya, seperti dalam proses kegiatan ngantung (kegiatan menggantungkan jajan cacalan di bingkai bambu) , penampahan katiga (kegiatan menyembelih hewan kurban berupa babi dan mengelolah menjadi makanan berupa lawar merah), ngalang (kegiatan mengambil hasil kebun di tanah tegalan warga Desa Tenganan Dauh Tukad) , mejejalukan (kegiatan meminta makanan berupa jajan dan buah ke rumah warga), malawang (kegiatan meminta dana punia ke rumah-rumah warga Desa Tenganan Dauh Tukad), serta magibungan (kegiatan makan bersama yang dilakukan oleh para tamu undangan dan pecalang)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS ANT 15/20 Fer u
Uncontrolled Keywords: Masabatan Biu, Sekaa Teruna, Interpretatif.
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV6001-7220.5 Criminology > HV6035-6197 Criminal anthropology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Ni Nengah Dea Ayu FerinaNIM071611733006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Adi PrasetyoNIDN0016116209
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 02 Mar 2020 00:56
Last Modified: 02 Mar 2020 00:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94707
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item