Aulia Ajeng Syafitri (2019) Zoning System Dalam Pemerataan Pendidikan (Studi Implementasi Kebijakan Sekolah Sistem Zonasi Terhadap Pemerataan Sekolah Menengah Pertama Di Daerah Pinggiran Kabupaten Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (662kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (581kB) |
|
Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM KAJIAN PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (572kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (303kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (49kB) | Request a copy |
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (317kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses yang terjadi dalam Implementasi Kebijakan Sekolah Sistem Zonasi Terhadap Pemerataan Sekolah Menengah Pertama di Daerah Pinggiran Kabupaten Mojokerto. Latar belakang dari penelitian ini adalah penerapan kebijakan sekolah sistem zonasi yang masih belum terlaksana dengan baik sehingga menyebabkan calon siswa dan walimurid merasa kesulitan untuk mendapatkan sekolah yang mereka inginkan. Kebijakan yang dimaksudkan untuk pemerataan dalam penerimaan peserta didik ini membantu sekolah-sekolah yang berada di daerah pinggiran atau perbatasan Kabupaten Mojokerto yang biasa menerima siswa dengan jumlah sedikit kini ada peningkatan meski tidak banyak, hanya saja masih perlu sosialisasi yang jelas dan merata agar walimurid mengetahui bagaimana penerapan kebijakan tersebut dan bertujuan seperti apa serta pemerintah juga harus memberikan fasilitas yang memadai pada seluruh sekolah yang belum memiliki kualitas yang baik seperti sekolah favorit lainnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Implementasi Kebijakan dari George C. Edward III. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penentuan informan dengan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Sekolah Sistem Zonasi Terhadap Pemerataan Sekolah Menengah Pertama di Daerah Pinggiran Kabupaten Mojokerto masih belum berhasil karena masih terlihat jelas ketimpangan antara sekolah yang biasa menjadi sasaran peserta didik dengan sekolah yang berada di perbatasan yang tidak terlalu diminati. Pemerataan peserta didik dengan pembagian zona sudah ditentukan, hanya saja masih perlu diadakan sosialisasi dan juga perbaikan kualitas sekolah dengan diiringi pemerataan peserta didik dan perbaikan kualitas guru agar penerapan kebijakan sekolah sistem zonasi terlaksana dengan seimbang dan tidak ada yang merasa dirugikan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS.AN 12/20 Sya z | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Kebijakan, Kebijakan Pendidikan, Sekolah Sistem Zonasi. | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H61-97 Policy sciences | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Dwi Marina | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2020 02:56 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2020 02:56 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94716 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |