Muh. Asrori Afandi (2019) Desain Strategi Persaingan Startup Syarihub Di Era Industri 4.0. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Text
1. HALAMAN SAMPUL DEPAN.pdf Download (649kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (385kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (379kB) |
|
Text
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (531kB) |
|
Text
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (532kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (450kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 2 March 2023. Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (554kB) |
|
Text
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 February 2023. Download (897kB) | Request a copy |
Abstract
Adanya startup ojesy (ojek syar’i) yang melakukan rebranding menjadi SyariHub tentu memberikan konsekuensi baru pada pelanggan untuk mempertahankan pelanggan lama dan juga merebut pelanggan baru yang potensial, apalagi dalam kondisi persaingan yang cukup ketat dalam bisnis startup bidang ojek online memberikan tantangan untuk mendapatkan keuntungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rekomendasi bagi startup SyariHub untuk mendesain strategi persaingan dalam bisnis industri 4.0 untuk mendapatkan keuntungan (profit) dengan pendekatan teori five forces dan Bisnis Model Kanvas (BMC). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif saat merumuskan strategi dari observasi dan menggunakan wawancara mendalam, kemudian di analisa semua menggunakan five forces, bisnis model kanvas dan SWOT. Hasil penelitian ini telah menemukan bahwa model bisnis yang bisa di kembangkan yaitu : (a) customer segmen : wanita karir dan orang tua karir yang memiliki anak dengan usia sekolah TK-SMP (b) value proposition : jasa ojek syariah dengan driver perempuan dan sistem perjalanan pelanggan bulanan maupun sekali jalan (c) channel : menggunakan direct sales dan digital marketing. (d) customer segmen : membangun ikatan langganan bulanan dengan kegiatan CRM dan ikatan sosial. (e) revenue stream : mendapatkan margin dari layanan langganan bulanan, sekali jalan dan pembicara seminar mahasiswa. (f) key resource: teknologi, sdm, tempat kantor (g) key activities : melakukan marketing, melakukan kegiatan partnership, melakukan CRM, merekrut sdm, memperbaiki teknologi (h) key partnership : driver, tim ahli teknologi, pemkot dan bursa efek Indonesia (i) cost structure : biaya marketing, biaya partnership, biaya teknologi, biaya CRM, dan biaya sdm.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK MM 25/20 Afa d | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Business model canvas, five forces, competitive strategy, start-up | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2020 07:44 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2020 07:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94729 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |