Formulasi Strategi Bisnis Pupuk Kcl Untuk Memasuki Pasar Retail (B2c) Studi Kasus: Pt Toya Agro Chemicals

Amalia Shobrina Nurdhy Finansyah (2020) Formulasi Strategi Bisnis Pupuk Kcl Untuk Memasuki Pasar Retail (B2c) Studi Kasus: Pt Toya Agro Chemicals. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (460kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (131kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (133kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 March 2023.

Download (167kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi pertumbuhan industri pupuk KCl di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pengetahuan petani akan pentingnya pupuk KCl bagi tumbuhan. Setelah dikeluarkannya ijin merek dan produk pada pupuk KCl, PT Toya Agro Chemicals yang selama ini menjual pupuk KCl di pasar business to business (B2B) berencana memperluas pasar penjualannya ke segemen retail. Hal ini didasari oleh minimnya ketersedian pupuk KCl di pasar retail. sehingga rentang margin masih tinggi yang memungkinakan PT Toya Agro Chemicals untuk masuk kedalam pasar retail untuk meningkatkan profit margin perusahaan. Disisi lain, meskipun volume penjualan yang dihasilkan dari pasar business to bussiness tinggi, produksi yang dilakukan tidak setiap hari sehingga jika PT Toya Agro Chemicals tidak melakukan ekspansi ke pasar retail, investasi dan produktifitas perusahaan terhadap pupuk KCl tidak maksimal. Terkait dengan permasalahan tersebut, maka diperlukan formulasi strategi bisnis dalam menghadapi persaingan di lingkungan industri retail pupuk KCl sebagai upaya mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan maka disusunlah strategi formulasi menggunakan strategi diamond. Tujuan digunakannya strategi diamond adalah untuk menentukan keberhasilan perusahaan dalam berkompetisi terkait dengan cakupan element area, vehicle, differentiation, staging, dan economic logic. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara secara terstruktur dimana wawancara dilakukan kepada pihak nara sumber ahli yang dipilih dari internal perusahan PT Toya Agro Chemicals dan pihak eksternal yaitu agen retail pupuk KCl. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian menggunakan descriptive case study. Tujuan dari riset studi kasus deskriptiptif adalah untuk mendeskripsikan tantangan-tantangan yang dihadapi perusahaan dan fokus terhadap fenoma-fenomena yang sedang dihadapi oleh PT Toya Agro Chemicals dalam mengembangkan strategi untuk memasuki pasar retail pada saat penelitian dilakukan (saat ini) maupun masalah-masalah yang bersifat aktual khususnya yang menyangkut mengenai pemasaran pupuk KCl PT Toya Agro Chemicals untuk memasuki pasar retail. Hasil dari analisis menggunakan Internal External Matrix, didapatkan posisi strategic PT Toya Agro Chemicals adalah grow and build. Dari hasil analisis tersebut, strategi intensif dapat dilakukan oleh PT Toya Agro Chemicals untuk memenangkan pasar retail pupuk KCl. Strategi intensif tersebut berupa strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan pasar, strategi pengembangan produk.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 32/20 Fin f
Uncontrolled Keywords: Marketing Strategy, IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, Diamond Strategy
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Amalia Shobrina Nurdhy FinansyahNIM041614353017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir SukocoNIDN'0021035212
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2020 10:44
Last Modified: 02 Mar 2020 10:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94740
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item