Partisipasipustakawan Dalam Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Pustakawan Anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (Fppti) Jawa Timur)

Annisa Fajar Kinanthi (2019) Partisipasipustakawan Dalam Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Pada Pustakawan Anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi (Fppti) Jawa Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (996kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (712kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (729kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (954kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2023.

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III PENYAJIAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2023.

Download (731kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (766kB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2023.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pustakawan sebagai seseorang yang memberikan layanan secara maksimal di perpustakaan memiliki tanggung jawab dalam pengembangan di perpustakaan. Pengembangan tersebut dapat dilakukan dengan berpartisipasi dalam forum kerjasama perpustakaan. Partisipasi pustakawan dalam forum kerjasama dapat menjadi jembatan menuju kesuksesan bagi perpustakaannya. Hal tersebut karena dalam sebuah organisasi profesi dipengaruhi oleh keterlibatan anggotanya dalam berbagai forum kerjasama tidak terkecuali di perpustakaan perguruan tinggi. Kerjasama merupakan sarana yang dapat digunakan oleh pustakawan untuk berpartisipasi aktif membuat inovasi dan dalam melakukan berbagai pengembangan. Forum kerjasama yang saat ini dapat membantu perpustakaan dan pustakawan dalam melakukan kerjasama adalah Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi (FPPTI) Jawa Timur. FPPTI Jawa Timur merupakan salah satu forum kerjasama perpustakaan perguruan tinggi yang aktif melakukan berbagai kegiatan untuk pustakawan. Partisipasi pustakawan dalam FPPTI Jawa Timur pada penelitian ini partisipasi pustakawan dalam forum tersebut akan diketahui menggunakan teori strukturasi yang dikemukakan oleh Anthony Giddens. Melalui teori tersebut peneliti akan mengetahui dualitas antara pustakawan dan FPPTI Jawa Timur sebagai sebuah struktur dimana, dipengaruhi oleh kesadarankesadaran yang dibangun oleh pustakawan sebagai agen. Dualitas tersebut diwujudkan dalam pemahaman pustakawan akan kerjasama, hubungan kerjasama yang terbangun antar pustakawan dan FPPTI Jawa Timur, dan peraturan yang mendukung keikutsertaan pustakawan dalam FPPTI Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada pustakawan anggota FPPTI Jawa Timur. Informan dalam penelitian ini adalah pustakawan yang perpustakaannya tergabung dalam keanggotaaan kerjasama pada FPPTI Jawa Timur. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling. Pada penelitian ini didapatkan hasil dua pengelompokan bentuk partisipasi pustakawan dalam FPPTI Jawa Timur. Pengelompokan pustakawan tersebut yakni, active participation agent dan passive participation agent.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS IIP 02/20 Kin p
Uncontrolled Keywords: Dualitas Struktur, Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi, Partisipasi Pustakawan, Pengembangan Perpustakaan
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Annisa Fajar KinanthiNIM071511633047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri MutiaNIDN0009107507
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 09 Mar 2020 01:02
Last Modified: 09 Mar 2020 01:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94882
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item