“Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dalam Aktivitas Berbelanja Online Di Kalangan Diecaster Surabaya”

Yusuf Satria Nugrahanto (2019) “Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dalam Aktivitas Berbelanja Online Di Kalangan Diecaster Surabaya”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (216kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (157kB)
[img] Text
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2023.

Download (93kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2023.

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV ANALISIS TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2023.

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2023.

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2023.

Download (908kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masifnya perkembangan teknologi saat ini berdampak pada semakin tingginya penggunaan internet sebagai pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat salah satunya pada pemanfaatan media sosial sebagai sarana untuk melakukan aktivitas berbelanja online. Adanya kemudahan yang ditawarkan dalam platform media sosial membuat masyarakat menjadikan media sosial sebagai salah satu media pilihan dalam melakukan aktivitas berbelanja. Berbagai macam produk barang, dan jasa dapat ditemukan dengan mudah pada platform-platform media sosial. Saat ini sudah banyak platform media yang digunakan untuk melakukan aktivitas berbelanja online. Media sosial Facebook menjadi salah satu media pilihan yang digunakan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas berbelanja online khususnya di kalangan diecaster. Peneliti menggunakan teori uses and gratification yang menekankan bahwa individu merupakan pihak yang aktif dalam menggunakan suatu media dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan memilih lokasi penelitian di Kota Surabaya. Populasi sampel sebanyak 4037 orang yang tergabung dalam komunitas Surabaya Diecast Club, sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaaatan media sosial Facebook dalam aktivitas berbelanja online, pada indikator individual need yang meliputi: kebutuhan kognitif diperoleh skor 4,42 dengan kategori sangat tinggi, kemudian kebutuhan afektif dan integrasi pribadi sama-sama memiliki kategori tinggi dengan skor masing-masing 3,48 dan 3,54. Kebutuhan integrasi sosial diperoleh skor 4,12 dengan kategori sangat tinggi dan kebutuhan pelepasan dengan skor 4,03 dengan kategori sangat tinggi. Pada indikator media gratification yang meliputi: surveillance, entertainment, personal identity dan social relationship sama-sama memiliki kategori sangat tinggi dengan rincian skor secara berurutan: 4,09., 4,29., 4,21., dan 4,45. Pada indikator individual needs aspek yang paling dominan adalah aspek affective need (kebutuhan afektif) dengan skor rata-rata sebesar 2,49 yang artinya adalah kebutuhan afektif menjadi salah satu aspek yang mendorong individu melakukan aktivitas berbelanja, sedangkan pada indikator media gratification, aspek yang paling dominan adalah aspek personal identity (identitas personal) dengan skor rata-rata sebesar 2,74 yang artinya adalah alasan seseorang menggunakan media karena ingin lebih memperkuat nilai individu dan merasa lebih percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS.IIP 13/20 Nug p
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Sosial, Facebook, Diecaster, Berbelanja Online
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Yusuf Satria NugrahantoNIM071611633064
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri SoesantariNIDN0017055905
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:26
Last Modified: 12 Mar 2020 02:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/94985
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item