Muhammad Reza Pahlawan (2019) Penggunaan Bahasa Pada Komunitas Game Counterstrike Online Di Surabaya: Kajian Sosiolinguistik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (162kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (145kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (194kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 June 2023. Download (330kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III TEMUAN DAN HASIL ANALISIS DATA.pdf Restricted to Registered users only until 28 June 2023. Download (289kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 28 June 2023. Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (120kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 June 2023. Download (172kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menjelaskan penggunaan bahasa pada game Counter-Strike Online di Surabaya. Penggunaan bahasa adalah salah satu bentuk variasi bahasa yang bersifat unik, kreatif, dan rahasia. Komunitas sosial tertentu yang memiliki peran sebagai pemakai dan pencipta prokem dapat memiliki bahasa yang berbeda dari kelompok lain sebagai salah satu ragam bahasa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode deskriptif kualitatif, untuk mengetahui penggunaan prokem balap liar di Surabaya serta faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan bahasa pada game Counter-Strike Online. Metode pengumpulan data melalui simak, libat, cakap dan catat. Analisis yang digunakan adalah mengumpulkan dan mengelompokkan data untuk menentukan bentuk penggunaan kata. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sosiolinguistik yang dikemukakan oleh JA Fishman yaitu “who speak, what language, to whom, when, and what end”, serta bentuk penggunaan kata. Hasil dari penelitian ini ditemukan beberapa penggunaan istilah bahasa yang digunakan dalam komunitas game Counter-Strike Online. Selain itu juga dapat ditemukan akronim dan singkatan, asosiasi makna serta faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan prokem komunitas balap liar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BI 13/ 20 Pah p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | penggunaan bahasa, komunitas game counter-strike online, sosiolinguistik | ||||||
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P40 Sociolinguistics | ||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs. Djuwarnik Djuwey | ||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2020 04:17 | ||||||
Last Modified: | 28 Jun 2020 04:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96030 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |