Manajemen Produksi Untuk Menghasilkan Benih Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Yang Berkualitas Di Balai Benih Ikan (Bbi) Tlatar, Boyolali, Jawa Tengah

Alviana Khoirun Nisa (2019) Manajemen Produksi Untuk Menghasilkan Benih Ikan Koi (Cyprinus Carpio) Yang Berkualitas Di Balai Benih Ikan (Bbi) Tlatar, Boyolali, Jawa Tengah. UNIVERSITAS AIRLANGGA, KODEPRODI54243#AKUAKULTUR. (Unpublished)

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (275kB)
[img] Text (RINGKASAN)
2. RINGKASAN.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2023.

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text (PELAKASAAN KEGIATAN)
6. BAB III PELAKSANAAN KEGIATAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2023.

Download (42kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2023.

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2023.

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 July 2023.

Download (832kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berbagai jenis ikan hias air tawar saat ini sudah banyak dibudidayakan. Salah satu komoditas ikan hias unggulan yang sampai saat ini masih diminati di pasar internasional adalah ikan koi. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil produksi dalam budidaya adalah proses produksi benih. Penguasaan teknik pembenihan yang mudah, murah dan cepat akan mendorong dihasilkannya pembenihan yang berkualitas dan menjamin kontinuitas pasokan benih sesuai permintaan sehingga dapat meningkatkanproduksi benih ikan koi. Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Balai Benih Ikan (BBI) Tlatar, Boyolali, Jawa Tengah pada tanggal 17 Desember 2018 sampai 18 Januari 2019. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang adalah metode deskriptif dengan cara melakukan pengamatan langsung, sehingga didapatkan data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil Praktek Kerja Lapang manajemen produksi benih ikan koi dimulai dari persiapan alat dan bahan yang akan digunakan. Kemudian pemeliharaan induk dalam kolam intensif yang terdiri dari dari 21 ekor betina dan 9 ekor jantan. Setelah itu persiapan kolam yang terdiri dari proses pembersihan, pengeringan dan pemupukan. Kemudian seleksi induk dengan metode stripping untuk menentukan induk yang matang gonad dan matang tubuh. Rasio induk jantan dan betina adalah 3:2. Pemijahan dilakukan secara alami dengan penggunaan Hydrilla sp. Sebagai substrat atau tempat tempel telur. Pada kegiatan produksi benih ikan koi diperoleh fekunditas sebesar 420.000 telur. Penetasan telur dilakukan dalam kolam pemeliharaan benih selama kurang lebih 5 hari dengan daya tetas telur sebesar 85,71%. Pemeliharaan benih dilakukan pada dua kolam berbeda dengan kepadatan yang berbeda yaitu kolam 1 dan kolam 2 dengan perbandingan kepadatan 2:1. Pada akhir pemeliharaan benih, diperoleh hasil rata-rata panjang benih pada kolam 1, yaitu sepanjang 2,78 cm sedangkan pada kolam 2 dengan tingkat kepadatan yang lebih rendah diperoleh panjang rata-rata 3,22 cm. Hal tersebut dikarenakan tingkat kepadatan yang lebih rendah dapat mempercepat pertumbuhan benih ikan koi karena tersedianya pakan alami dan kurang ada persaingan pakan antar spesies. Kualitas air meliputi pH berkisar antara 6,9-7,2 dan suhu antara 26-290C. Pakan buatan induk ikan koi merupakan pellet yang diproduksi olehPT. Central Proteina dan pakan untuk benih ikan koi merupakan pakan alami berupa Daphnia sp. yang dikultur secara mandiri. Kegiatan produksi benih ikan koi di Balai Benih Ikan Boyolali menghasilkan tingkat kelangsungan hidup benih sebesar 75% dengan jumlah benih diakhir pemeliharaan sebanyak 270.000 benih dan tingkat kematian sebesar 25%.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL PK BP 61/20 Nis m
Uncontrolled Keywords: Manajemen produksi, BENIH IKAN KOI (Cyprinus carpio) YANG BERKUALITAS
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH401-691 Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Alviana Khoirun NisaNIM141611133154
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShofy MubarakNIDN0011017301
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Jul 2020 13:50
Last Modified: 19 Jul 2020 13:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96353
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item