Kehati-hatian Notaris dalam Menjalankan Tugas Jabatannya

Ricka Auliaty Fathonah (2020) Kehati-hatian Notaris dalam Menjalankan Tugas Jabatannya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (221kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB II KONSEP KEHATI-HATIAN...)
5. BAB II KONSEP KEHATI-HATIAN....pdf
Restricted to Registered users only until 29 July 2023.

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III BATAS TANGGUNG GUGAT...)
6. BAB III BATAS TANGGUNG GUGAT....pdf
Restricted to Registered users only until 29 July 2023.

Download (416kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 29 July 2023.

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (60kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ghansham Anand Notaris dalam praktiknya seringkali terlibat perkara hukum, baik sebagai saksi maupun sebagai tersangka. Keterlibatan tersebut sering terjadi karena membuat atau memberikan keterangan palsu ke dalam akta autentik yang dilakukaan Notaris dengan sengaja atau tidak sengaja. Karena apabila ada pihakpihak yang dirugikan atas akta yang dibuat oleh/dihadapan Notaris maka Notaris yang akan dimintai pertanggungjawaban. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penulis mencoba melakukan sebuah penelitian dengan judul “Kehati-Hatian Notaris dalam Menjalankan Tugas Jabatannya” dengan dua pokok permasalahan yakni; kehati-hatian Notaris dalam menjalankan tugas jabatannya, dan batas tanggung gugat Notaris terhadap kebenaran identitas penghadap kaitannya dengan pembuatan akta. Penelitian ini adalah penelitian hukum yuridis-normatif yang menjadikan konsep atau asas hukum sebagai objeknya yang dikaitkan dengan norma-norma serta kaidah-kaidah hukum dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga sumber datanya berupa bahan hukum yang terbagi menjadi bahan hukum primer yang berupa peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berkaitan dengan permasalahan yang dibahas, dan bahan hukum sekunder yang berkaitan dan meunjang bahan hukum primer. Pendekatan permasalahan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga, antara lain; Pedekatan perundang-undangan, Pendekatan kasus, dan Study kasus. Tesis ini bertujuan untuk menjawab kehati-hatian Notaris dalam menjalankan tugas jabatannya dan batas tanggung gugat Notaris terhadap kebenaran identitas penghadap dalam pembuatan akta. Dalam tesis ini ditemukan bahwa kehati-hatian adalah suatu tindakan yang dilakukan atas dasar ketelitian, keseksamaan, kecermatan, dan jujur dalam mnejalankan tugas jabatan dan kehatihatian ini tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan yang terkait hanya tersirat. Apabila notaris sudah melakukan pengenalan kepada penghadap dengan melihat identitas aslinya, dan bilamana kemudian hari diketahui identitas tersebut palsu maka Notaris tidak berkewajiban bertanggung gugat. Notaris dapat bertanggung gugat apabila akta yang dibuatnya menjadi kekuatan sebagai akta dibawah tangan, dapat dibatalkan ataupun batal demi hukum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 05/20 Fat k
Uncontrolled Keywords: Precaution, Accountability, Identity
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Ricka Auliaty FathonahNIM031814253024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGhansham AnandNIDN0005018403
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Jul 2020 15:36
Last Modified: 10 Aug 2020 16:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96574
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item