Analisis Lamanya Pelayanan Di Igd Rs Universitas Airlangga Berbasis Teori Lean Hospital Dan Mekanisme Koordinasi Berdasarkan Jenis Ketergantungan Antar Unit Kerja

Linda Sutrisno (2020) Analisis Lamanya Pelayanan Di Igd Rs Universitas Airlangga Berbasis Teori Lean Hospital Dan Mekanisme Koordinasi Berdasarkan Jenis Ketergantungan Antar Unit Kerja. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (405kB)
[img] Text (RINGKASAN)
2. RINGKASAN .pdf

Download (80kB)
[img] Text (ABSTRACT)
3. ABSTRACT .pdf

Download (82kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
4. DAFTAR ISI .pdf

Download (118kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
5. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
6. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (227kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL)
7. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 METODE PENELITIAN)
8. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS DATA)
9. BAB 5 HASIL PENELITIAN DAN ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (704kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 PEMBAHASAN)
10. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
11. BAB 7 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 August 2023.

Download (506kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Lama pelayanan IGD akan bertambah panjang dengan adanya pasien yang menunggu untuk dipindahkan ke ruang perawatan atau di pindah kamar operasi. Pasien ini membatasi pasien baru untuk mengakases pelayanan di IGD. Tujuan:Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis lamanya pelayanan di IGD RS Universitas Airlangga ( RS UNAIR) berbasis teori lean hospital dan mekanisme koordinasi berdasarkan jenis ketergantungan antar unit Metode: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan 60 sampel pasien yang datang ke IGD dan di pindahkan ke ruang rawat dan kamar operasi, serta wawancara mendalam pada staf di IGD, rawat inap, ICU dan Kamar Operasi. Interpretasi data secara deskriptif dan penggambaran waktu pelayanan IGD menggunakan value stream mapping dan pemetaan mekanisme koordinasi antara IGD dengan unit terkait pelayanan IGD. Hasil: Wakyu pelayanan IGD RS UNAIR meningkat karena adanya proses perpanjangan waktu dari sub proses alur pelayanan di IGD RS UNAIR yaitu pada saat kedatangan pasien Petugas di depan merupakan Petugas di depan bertanya kepada pasienkemudian di bawa ke bagian triase dan di tanya ulang oleh Petugas medis di bagian triase hal ini mempengaruhi lamanya pelayanan saat kedatangan pasien, saat pendaftaran pasien di IGD keluarga pasien memerlukan waktu untuk menyiapkan berkas pendaftaran dan tidak ada sistem pemanggilan kepada keluarga pasien saat lama tidak mendaftarakan keluarga pasien ke pendaftaran hal ini juga mempengaruhi lamanya pelayanan Pasien. Pada tahapan proses pemeriksaan pasien tahapan pemeriksaan laboratorium dan radiologi membutuhkan waktu yang panjang hal ini sangat mempengaruhi lamayan pelayanan di IGD, pada tahapan pendaftaran pasien ke rawat inap waktu paling lama adalah saat Petugas admisi mengkonfirmasi kamar ke ruang rawat inap hal ini terjadi karena sistem bed manajemen RS UNAIR masih belum berjalan dengan baik karena keterbatasan IT RS. Pada tahapan proses pengiriman pasien ke ruang rawat inap ataupun Kamar operasi pasien harus menunggu lama karena perlu waktu untuk menyiapkan kamar rawat inap dan kamar operasi untuk tindakan cito Sedangkan sistem koordinasi antara IGD dengan bagian lain yang berhubungan dengan pelayanan IGD dalam hali ini koordinasi antara IGD dengan rawat inap, IGD dengan ICU, IGD dengan Kamar operasi masih terdapat waste pada setiap tahapan proses yang harus di minimalisisr kebanyakan waste yang terjadi adalah waste of waiting dan waste of motion Kesimpulan: Waste yang terjadi pada proses pelayananpasien di iGD RSUA adalah waste waktu pada tahapan proses pelayanan dan waste koordinasi antar unit pelyanan yang berhubungan dengan pelayann IGD. Soistem bed management rumah sakit sebaiknya diperbaiki Perlu adanya SOP waktu persiapan kamar rawat inap bagi pasien baru.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM 04/20 Sut a
Uncontrolled Keywords: Lean Management, Waste, Koordinasi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization > LB3011-3095 School management and discipline
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Linda SutrisnoNIM10714453024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly ChalidyantoNIDN0008117102
Thesis advisorWindhu PurnomoUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:31
Last Modified: 07 Aug 2020 13:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96731
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item