Analisis Pengaruh E-Satisfaction Dan E-Trust Terhadap E-Loyalty Pada Aplikasi Kai Access Menggunakan Metode Partial Least Square – Structural Equation Modelling (Pls-Sem)

Najibullah Ulul Albab (2020) Analisis Pengaruh E-Satisfaction Dan E-Trust Terhadap E-Loyalty Pada Aplikasi Kai Access Menggunakan Metode Partial Least Square – Structural Equation Modelling (Pls-Sem). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
9. ABSTRAK.pdf

Download (235kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
11. DAFTAR ISI.pdf

Download (502kB)
[img] Text (BAB 1)
14. BAB I.pdf

Download (147kB)
[img] Text (BAB 2)
15. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
16. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 6 August 2023.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19. Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (452kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengalami peningkatan penumpang pada tahun 2018 hal ini salah satunya disebabkan oleh penambahan layanan pembelian tiket melalui KAI Access yang merupakan platform pembelian tiket melalui mobile apps yang juga bersaing dengan platform swasta yang telah bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas pengguna KAI Access dalam membeli tiket kereta api dengan menganalisa pengaruh e-satisfaction dan e-trust terhadap e-loyalty dan dapat memberikan rekomendasi untuk memperbaiki layanan penjualan tiket aplikasi berdasarkan kepuasan pelanggan dan kepercayaan aplikasi terhadap aplikasi. Tahapan dalam penelitian ini yaitu meliputi penentuan model dan hipotesis, penentuan populasi dan sampel, perancangan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, penyebaran dan pengumpulan kuesioner, pengolahan data, analisis hasil menggunakan metode PLS-SEM dan penyusunan rekomendasi. Penelitian ini menggunakan 400 responden dari pengguna aplikasi KAI Access yang pernah menggunakan layanan pembelian tiket lebih dari tiga kali dan berada pada DAOP 8 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mampu menjelaskan 63,4% varians pada variabel e-loyalty dipengaruhi oleh e-satisfaction dan e-trust. Rekomendasi yang dapat diberikan kepada pengembang aplikasi adalah menambah 9 fitur yaitu pengingat saat tiket dapat dibeli, fitur pembelian tiket yang terjadwal otomatis, fitur saved contact, menambahkan informasi kejelasan spesifikasi kereta yang akan dibeli, mengirim email berisi dokumen pembayaran pesanan tiket, menambahkan fitur two-phase authentication, bekerja sama dengan payment gateway lain untuk tiket kereta api lokal, dan gerbang peron otomatis menggunakan e-ticket. Perusahaan dapat lebih berfokus pada program yang membangun kepercayaan pelanggan sehingga pelanggan dapat melakukan pembelian kembali melalui KAI Access.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST SI 06/20 Alb a
Uncontrolled Keywords: e-loyalty, e-satisfaction, e-trust, KAI Access.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Najibullah Ulul AlbabNIM081611633054
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArmy JustitiaNIDN'0025068701
Thesis advisorRimuljo HendradiNIDN'0002117101
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 08 Aug 2020 14:39
Last Modified: 08 Aug 2020 14:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96762
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item