Peningkatan Usability Pada Aplikasi MIKA : Sebuah Aplikasi Belajar Komunikasi Untuk Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (Autism Spectrum Disorder)

Vitotamma Emir Muhammad Wikantono (2020) Peningkatan Usability Pada Aplikasi MIKA : Sebuah Aplikasi Belajar Komunikasi Untuk Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (Autism Spectrum Disorder). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1 Cover.pdf

Download (371kB)
[img] Text (ABSTRAK)
8 Abstrak.pdf

Download (127kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
10 Daftar Isi.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 1)
14 Bab 1.pdf

Download (142kB)
[img] Text (BAB 2)
15 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (177kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
16 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
17 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (427kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
18 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
19 Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
20 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 8 August 2023.

Download (154kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada pembelajaran komunikasi anak dengan ASD (Autism Spectrum Disorder) diperlukan alat bantu agar mempermudah mereka untuk pembelajaran komunikasi, salah satu pendekatan alat bantu untuk pembelajaran komunikasi adalah dengan teknologi. Salah satu aplikasi untuk membantu pembelajaran komunikasi untuk anak dengan ASD adalah Media Komunikasi Visual Anak (MIKA). Namun, terdapat sejumlah kekurangan pada aplikasi dan antarmuka (usability) pada aplikasi MIKA sehingga user menilai penggunaan MIKA sulit dan belum cukup digunakan sebagai alat bantu terapi. Perbaikan pada MIKA dilakukan dengan melakukan wawancara dengan user untuk mendapatkan masalah – masalah pada aplikasi MIKA, dan dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil wawancara tersebut. Tahapan selanjutnya adalah pengujian aplikasi MIKA. Pengujian dilakukan dengan membandingkan usability pada aplikasi MIKA sebelum dan sesudah perubahan dari segi Learnability, Efficiency, Memorability, Error dan Satisfaction. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan usability pada aplikasi MIKA yang telah diperbaiki. Dengan pendekatan usability dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FST ST SI 08/20 Wik p
Uncontrolled Keywords: Autisme Specturm Disorder (ASD), Pembelajaran Komunikasi, Usability, MIKA
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
Vitotamma Emir Muhammad WikantonoNIM081611633051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra PuspitasariNIDN'0027108402
Thesis advisorMargarethaNIDN0007108001
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 08 Aug 2020 15:03
Last Modified: 08 Aug 2020 15:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96764
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item