Vitotamma Emir Muhammad Wikantono (2020) Peningkatan Usability Pada Aplikasi MIKA : Sebuah Aplikasi Belajar Komunikasi Untuk Anak Dengan Gangguan Spektrum Autisme (Autism Spectrum Disorder). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1 Cover.pdf Download (371kB) |
|
Text (ABSTRAK)
8 Abstrak.pdf Download (127kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
10 Daftar Isi.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 1)
14 Bab 1.pdf Download (142kB) |
|
Text (BAB 2)
15 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only until 8 August 2023. Download (177kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
16 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only until 8 August 2023. Download (142kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
17 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only until 8 August 2023. Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
18 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only until 8 August 2023. Download (124kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
19 Daftar Pustaka.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
20 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 8 August 2023. Download (154kB) | Request a copy |
Abstract
Pada pembelajaran komunikasi anak dengan ASD (Autism Spectrum Disorder) diperlukan alat bantu agar mempermudah mereka untuk pembelajaran komunikasi, salah satu pendekatan alat bantu untuk pembelajaran komunikasi adalah dengan teknologi. Salah satu aplikasi untuk membantu pembelajaran komunikasi untuk anak dengan ASD adalah Media Komunikasi Visual Anak (MIKA). Namun, terdapat sejumlah kekurangan pada aplikasi dan antarmuka (usability) pada aplikasi MIKA sehingga user menilai penggunaan MIKA sulit dan belum cukup digunakan sebagai alat bantu terapi. Perbaikan pada MIKA dilakukan dengan melakukan wawancara dengan user untuk mendapatkan masalah – masalah pada aplikasi MIKA, dan dilakukan perbaikan sesuai dengan hasil wawancara tersebut. Tahapan selanjutnya adalah pengujian aplikasi MIKA. Pengujian dilakukan dengan membandingkan usability pada aplikasi MIKA sebelum dan sesudah perubahan dari segi Learnability, Efficiency, Memorability, Error dan Satisfaction. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan usability pada aplikasi MIKA yang telah diperbaiki. Dengan pendekatan usability dapat meningkatkan kualitas perangkat lunak
Item Type: | Thesis (Skripsi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FST ST SI 08/20 Wik p | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Autisme Specturm Disorder (ASD), Pembelajaran Komunikasi, Usability, MIKA | |||||||||
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems | |||||||||
Divisions: | 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Ani Sistarina | |||||||||
Date Deposited: | 08 Aug 2020 15:03 | |||||||||
Last Modified: | 08 Aug 2020 15:03 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96764 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |