Perlindungan Hukum terhadap Debitor atas Hilangnya Bukti Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia (Studi Kasus Pada PT Adira Finance)

Fardillah Rizkiansyah (2020) Perlindungan Hukum terhadap Debitor atas Hilangnya Bukti Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia (Studi Kasus Pada PT Adira Finance). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (766kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (576kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (383kB)
[img] Text (BAB II TANGGUNG GUGAT KREDITOR...)
5. BAB II TANGGUNG GUGAT KREDITOR....pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PERLINDUNGAN HUKUM BAGI...)
6. BAB III PERLINDUNGAN HUKUM BAGI....pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (320kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Tesis ini berjudul ‘‘Perlindungan Hukum Terhadap Debitor Atas Hilangnya Bukti Kepemilikan Objek Jaminan Fidusia”. Penelitian ini berfokus pada peristiwa hilangnya bukti kepemilikan objek jaminan fidusia dari debitor ( BPKB )yang berada pada kreditor untuk dijadikan bukti jaminan fidusia. Sehingga pada akhir tenor dimana debitor sudah melakukan semua kewajibannya, debitor tidak dapat menerima kembali bukti jaminan fidusia tersebut. Berdasarkan gambaran peristiwa tersebut maka dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) Apakah kreditor bertanggung gugat atas hilangnya bukti kepemilikan objek jaminan dari debitor pada perjanjian pembiayaan dengan penyerahan hak milik secara fidusia. (2) Apa Bentuk perlindungan hukum bagi debitor selaku pemilik dari bukti objek jaminan fidusia tersebut. Penelitian hukum ini merupakan penelitian yuridis normative dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach) menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa peristiwa hilangnya bukti kepemilikan objek jaminan fidusia dari penguasaan kreditor menyebabkan kerugian yang diderita oleh debitor. Oleh karena tidak dapat melaksanakan apa yang sudah diperjanjikan sebelumnya, maka dapatlah dikatakan bahwa kreditor telah melakukan wanprestasi terhadap debitor. Oleh karena itu, kreditor bertanggung gugat atas hilangnya bukti kepemilikan objek jaminan fidusia dari debitor. Karena telah terbukti terjadi wanprestasi oleh kreditor, maka debitor dapat melakukan tuntutan ganti rugi atas dasar wanprestasi kepada kreditor. Besarnya ganti rugi haruslah disesuaikan dengan cara yang adil dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 33/20 Riz p
Uncontrolled Keywords: Default, Fiduciary Guarantee, Compensation
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3150 Public law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Fardillah RizkiansyahNIM031724253047
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah UsantiNIDN0026026701
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 10 Aug 2020 15:38
Last Modified: 10 Aug 2020 15:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96918
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item