Religiosity Memoderasi Pengaruh Reference Group Dan Consumer Attitude Terhadapbehavioral Intention Pada Bank Syariah : Perbandingan Antara Kelompok Islam Fundamentalis Dan Islam Moderat

Angga Khoerul Umam (2020) Religiosity Memoderasi Pengaruh Reference Group Dan Consumer Attitude Terhadapbehavioral Intention Pada Bank Syariah : Perbandingan Antara Kelompok Islam Fundamentalis Dan Islam Moderat. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (559kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (22kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (158kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB 4 HASIL & PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2023.

Download (734kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya hegemoni perbankan konvensional yang menjadi alat eksploitasi kaum pemilik modal, mendorong terjadinya social movement yang mengajak masyarakat untuk beroposisi dan berpindah haluan kepada sistem transaksi yang berdasarkan nilai-nilai Islam. Di Indonesia dengan banyaknya ragam pemahaman dan pandangan terhadap sistem keuangan syariah, menjadikan fenomena ini kepada terjadinya dualisme pandangan, yaitu antara kelompok yang optimis dan pesimis terhadap keberadaan jasa keuangan syariah. Kedua kelompok ini mempengaruhi pandangan dan sikap masyarakat terhadap bank syariah. Dengan adanya fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian perbandingan sikap (consumer attitude) dan niat berperilaku (behavioral intention) masyarakat terhadap bank syariah, yang berasal dari kelompok Islam fundamentalis dan kelompok Islam moderat yang dilandasi oleh tingkat religiusitas (religiosity).Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan consumer attitude dan behavioral intention pada bank syariah antara reference group dari kelompok Islam moderat dan kelompok Islam fundamentalis. Dimana pada kelompok Islam moderat reference group mempengaruhi consumer attitude dan behavioral intention secara positif, sedangkan pada kelompok Islam fundamentalis mempengaruhi customer attitude dan behavioral intention secara negatif. religiosity hanya memoderasi satu hubungan pada kelompok moderat dan memoderasi semua hubungan pada kelompok Islam fundamentalis.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSEI.16 20 Uma r
Uncontrolled Keywords: Reference Group, Customer Attitude, Behavioral Intention, Religiosity
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology > HT388 Regional economics. Space in economics
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
Angga Khoerul UmamNIM091814553027
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirin Tri RatnasariNIDN0026117504
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 11 Aug 2020 01:56
Last Modified: 11 Aug 2020 01:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/96944
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item