Analisis Perilaku Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Cauti Bundle Di Rsu Haji Surabaya Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (Tpb)

Nur Annisha Karunia Latief (2020) Analisis Perilaku Kepatuhan Perawat Dalam Pelaksanaan Cauti Bundle Di Rsu Haji Surabaya Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior (Tpb). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf

Download (543kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (98kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5 BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text (KERANGKA KONSEPTUAL)
6 BAB 3.pdf

Download (88kB)
[img] Text (METODE PENELITIAN)
7 BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf

Download (154kB)
[img] Text (HASIL DAN PEMBAHASAN)
8 BAB 5 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text (SIMPULAN)
9 BAB 6 SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11 Lampiran.pdf

Download (927kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: CAUTI merupakan infeksi peringkat keempat yang paling sering terjadi dirumah sakit yang mengakibatkan peningkatan morbiditas, mortalitas, biaya perawatan serta lama tinggal. Pencegahan dan Pengendalian CAUTI dilaksanakan melalui bundle yang merupakan tanggung jawab perawat. Perilaku perawat dalam pelaksanaan CAUTI bundle belum dilaksanakan secara keseluruhan dan belum dapat dijelaskan faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan menganalisis perilaku kepatuhan perawat dalam pelaksanaan CAUTI bundle dengan pendekatan Theory of Planned Behaviour (TPB). Metode: Penelitian ini adalah studi deskriptif analisis dengan cross sectional. Populasi adalah perawat di RSU Haji Surabaya, jumlah sampel 111 perawat yang ditentukan dengan simple random sampling. Variabel bebas adalah background faktor, sikap, norma subjektif, PBC dan intensi. Variabel terikat adalah perilaku kepatuhan pelaksanaan CAUTI bundle. Data diperoleh menggunakan kuesioner yang dianalisis menggunakan regresi logistik dengan derajat kemaknaan   0,05. Hasil: Background factor pendidikan (p=0,039) dan pengetahuan (p=0,014) berhubungan dengan sikap, pengetahuan (p=0,023) dan lama kerja (p=0,020) berhubungan dengan norma subjektif, tidak ada background factor yang berhubungan dengan PBC, sikap (p=0,008) dan norma subjektif (p=0,003) berhubungan dengan intensi, dan intensi berhubungan dengan perilaku (p=0,000) dan memiliki nilai r = 0,510 yang artinya hubungan antara intensi dan perilaku cukup kuat. Diskusi: Kepatuhan perilaku perawat dalam pelaksanaan CAUTI bundle dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan, pendidikan, pengalaman lama kerja, sikap yang positif dan norma subjektif serta memperkuat intensi dalam memberikan intervensi dan merawat pasien. Penelitian selanjutnya hendaknya lebih berfokus pada intervensi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kepatuhan perilaku pelaksanaan CAUTI bundle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N 26-20 Lat a
Uncontrolled Keywords: Perilaku, CAUTI bundle, Perawat, Theory of Palnned Behavior
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > Pendidikan Ners
Creators:
CreatorsNIM
Nur Annisha Karunia LatiefNIM
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNinuk Dian K.NIDN0016037703
UNSPECIFIEDIka Nur PratiwiNIDN0002118704
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 13 Aug 2020 04:33
Last Modified: 13 Aug 2020 04:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97113
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item