KUSNAN (2020) WEBSITE QUALITY DALAM KEBIJAKAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI PEMERINTAHAN TINGKAT DESA (Studi Desa Pejambon Kabupaten Bojonegoro). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (296kB) |
|
Text
2. ABSTRAK .pdf Download (213kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI .pdf Download (366kB) |
|
Text
4. BAB 1 .pdf Download (790kB) |
|
Text
5. BAB 2 .pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (591kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3 .pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (421kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4 .pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (180kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5 .pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (470kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB 6 .pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (402kB) | Request a copy |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (290kB) |
|
Text
11. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only until 12 August 2023. Download (540kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas website dalam kebijakan keterbukaan informasi publik di Desa Pejambon. Dalam UU KIP, pemerintah diwajibkan menyediakan informasi secara berkala, diumumkan serta merta, tersedia setiap saat, dan berdasarkan permintaan. Informasi ini dapat disediakan melalui website. Pemanfaatan website dalam proses penyelenggaraan pemerintahan merupakan langkah awal penerapan e-Government (Inpres Nomor 3 Tahun 2003). Di Kabupaten Bojonegoro, Pemerintah Desa Pejambon merupakan salah satu desa yang berhasil melaksanakan keterbukaan informasi publik berbasis website. Desa yang terletak di Kecamatan Sumberrejo ini telah mendapatkan banyak penghargaan, baik di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Hal ini menandakan bahwa Pemerintah Desa Pejambon memiliki website yang berkualitas. Maka dari itu, perlu dilakukan pengukuran kualitas website, agar dapat dijadikan contoh bagi pemerintah desa yang lainnya. Pengukuran kualitas layanan website tidak hanya berdasarkan pada sudut pandang atau persepsi pihak penyedia layanan, tetapi juga berdasarkan pada sudut pandang atau persepsi masyarakat. Karena kepuasan masyarakat merupakan salah satu faktor atau ukuran keberhasilan bagi setiap pengembangan sistem informasi, seperti website. Selain itu, masyarakat yang menikmati layanan adalah masyarakat yang dapat menentukan kualitas layanan. Webqual 4.0 berdasarkan persepsi masyarakat atau pengguna merupakan metode yang digunakan untuk mengetahui kualitas website. Metode webqual 4.0 memiliki tiga dimensi, yaitu usability, information quality, dan service interaction quality. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas website Pemerintah Desa Pejambon berdasarkan dimensi usability, information usability, dan service interaction quality masuk kategori tinggi. Adapun nilai dari ketiga dimensi tersebut, adalah usability (51%), information usability (44%), dan service interaction quality (51%). Secara umum kualitas website Pemerintah Desa Pejambon masuk kategori tinggi, akan tetapi untuk dimensi kualitas informasi (information quality) perlu ditingkatkan karena masih rendah dibandingkan kedua dimensi lainnya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 TKP 04 20 Kus w | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Transparency Public Information, e-Government, Website, Village | ||||||
Subjects: | H Social Sciences J Political Science |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Kebijakan Publik | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Agung BK | ||||||
Date Deposited: | 12 Aug 2020 13:55 | ||||||
Last Modified: | 12 Aug 2020 13:55 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97151 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |