Pengembalian Fungsi Kawasan Lindung Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) Dan Pemenuhan Hak Atas Hunian Yang Layak(Studi Pada Penertiban Kavling Wisma Tirto Agung Surabaya)

Betty Herdinawati (2019) Pengembalian Fungsi Kawasan Lindung Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya) Dan Pemenuhan Hak Atas Hunian Yang Layak(Studi Pada Penertiban Kavling Wisma Tirto Agung Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (233kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (36kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4. BAB 1. PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 PENGEMBALIAN FUNGSI KAWASAN LINDUNG PANTAI TIMUR SURABAYA)
5. BAB 2 PENGEMBALIAN FUNGSI KAWASAN LINDUNG PANTAI TIMUR SURABAYA (PAMUBRAYA) OLEH PEMERINTAH KOTA SURABAYA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 AKIBAT PENGEMBALIAN FUNGSI KAWASAN LINDUNG)
6. BAB 3. AKIBAT PENGEMBALIAN FUNGSI KAWASAN LINDUNG TERHADAP PEMENUHAN HAK ATAS HUNIAN YANG LAYAJ DI WISMA TIRTO AGUNG TAHAP IV.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 PENUTUP)
7. BAB 4 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (66kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya pelanggaran pembangunan rumah warga pada kawasan lindung Pantai Timur Surabaya (Pamurbaya). Kawasan lindung adalah kawasan yang ditetapkan dengan fungsi utama melindungi kelestarian lingkungan hidup yang mencakup sumberdaya alam dan sumberdaya buatan. Yang termasuk dalam kawasan Pamurbaya adalah Kecamatan Gunung Anyar, Kecamatan Rungkut, Kecamatan Sukolilo dan Kecamatan Mulyorejo. Penelitian ini juga menjelaskan implementasi Pemerintah dalam pemenuhan hak atas rumah kepada masyarakat namun di sisi lain kawasan lindung sangat penting bagi perkotaan. Penggusuran atau penertiban dinilai sebagai solusi yang baik, namun perlu dikaji terlebih dahulu mengenai dampak yang ditimbulkan akibat penertiban tersebut. Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai macam-macam pelanggaran yang dilakukan, tindakan dari Pemerintah Kota Surabaya, serta dampak yang ditimbulkan akibat dari penertiban. Dengan menggunakan metode penelitian sosiolegal, peneliti mengumpulkan seluruh data yang diperlukan baik data primer yang bersumber dari wawancara ataupun data sekunder lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Surabaya belum memberikan solusi yang jelas atas kasus yang terjadi, warga Wisma Tirto Agung tahap IV tetap tinggal di rumah masing-masing. Rencana pengembalian fungsi kawasan lindung dengan cara melakukan penggusuran masih dalam tahap pengkajian karena Pemerintah Kota Surabaya tidak bisa memutuskan penggusuran tanpa memperhatikan hak-hak masyarakat untuk memiliki tempat tinggal yang layak. Dalam melakukan penggusuran tentu terdapat dampakdampak yang ditimbulkan. Dapat dilihat dari aspek psikologis, aspek ekonomi, dan sosial.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THPb 01-20 Her p
Uncontrolled Keywords: Kawasan Lindung, Hak Atas Rumah, Penggusuran
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH1 Natural history (General - Including nature conservation, geographical distribution)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Hukum dan Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
Betty HerdinawatiNIM091614453006
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina SunyowatiNIDN0005106108
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 14 Aug 2020 03:59
Last Modified: 14 Aug 2020 03:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97334
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item