Rekomendasi Upaya Peningkatan Pemanfaatan Rawat Inap Berdasarkan Analisis Customer Value Index (Studi Di Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban)

Thiwit Nurul Huda (2020) Rekomendasi Upaya Peningkatan Pemanfaatan Rawat Inap Berdasarkan Analisis Customer Value Index (Studi Di Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (359kB)
[img] Text (SUMMARY)
2 SUMMARY .pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI .pdf

Download (98kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
4 BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (173kB)
[img] Text (BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA)
5 BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text (KERANGKA KONSEPTUAL PENELITIAN)
6 BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 METODE PENELITIAN)
7 BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 HASIL DAN ANALISA DATA)
8 BAB 5 HASIL DAN ANALISA DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6 PEMBAHASAN)
9 BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7 PENUTUP)
10 BAB 7 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (26kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11 DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (30kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 14 August 2023.

Download (374kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Muhammadiyah Tuban merupakan rumah sakit swasta kelas D di wilayah kabupaten Tuban yang menghadapi persaingan yang ketat diantara 3 rumah sakit lain disekitarnya, yaitu RSUD Dr. R Koesma, RS Medika Mulia, dan RS Nahdlatul Ulama. Masalah dalam penelitian ini adalah capaian BOR rawat inap di RS Muhammadiyah Tuban pada tahun 2018 belum mencapai standar minimal 60%. Penyebab masalah tersebut diduga berhubungan dengan nilai pelanggan (customer value) pada pasien yang memanfaatkan rawat inap di RS Muhammadiyah Tuban. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan pemanfaatan rawat inap berdasarkan analisis customer value index/CVI. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain crosssectional. Responden adalah pasien dan keluarga pasien yang memanfaatkan fasilitas rawat inap di RS Muhammadiyah Tuban pada bulan September 2019. Besar sampel sejumlah 114 orang yang ditentukan dengan teknis simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer value index/CVI pada di ruang rawat inap RS Muhammadiyah Tuban adalah sebesar (0,73). Hasil nilai CVI > 0 memiliki arti bahwa biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari manfaat yang diperoleh pelanggan. Hasil tersebut sudah baik karena sudah memenuhi harapan pelanggan. Rekomendasi upaya peningkatan pemanfaatan rawat inap di RS Muhammadiyah Tuban adalah dengan peningkatan product value pelayanan rawat inap. Upaya peningkatan mutu produk layanan rawat inap (product value) dapat dilakukan dengan memperhatikan 6 dimensi mutu layanan kesehatan menurut WHO, yaitu effectiveness, efficiency, accessibility, patient-centreness, timeliness, dan safety. Peningkatan mutu produk rawat inap tersebut antara lain dengan peningkatan komitmen pelayanan oleh dokter spesialis, peningkatan kompetensi penanganan kasus kegawatdaruratan oleh dokter jaga, mempercepat integrasi SIM RS dengan sistem pendaftaran pasien melalui aplikasi jejaring sosial dan website rumah sakit, serta peningkatan keamanan lingkungan ruang perawatan pasien.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKA 09-20 Hud r
Uncontrolled Keywords: customer value, customer value index, RS Muhammadiyah
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Thiwit Nurul HudaNIM101714453025
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly ChalidyantoNIDN0008117102
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 14 Aug 2020 11:24
Last Modified: 14 Aug 2020 11:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97387
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item