Lusmitasari (2020) Spelling Errors In Dictated Words Written By Indonesian Dyslexic Students In The 6th Grade Of Elementary School. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (234kB) |
|
Text (TABLE OF CONTENTS)
2. TABLE OF CONTENTS .pdf Download (34kB) |
|
Text (ABSTRACT)
3. ABSTRACT .pdf Download (29kB) |
|
Text (CHAPTER I INTRODUCTION)
4. CHAPTER I INTRODUCTION .pdf Download (97kB) |
|
Text (CHAPTER II LITERATURE REVIEW)
5. CHAPTER II LITERATURE REVIEW .pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2023. Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (CHAPTER III RESEARCH METHODS)
6. CHAPTER III RESEARCH METHODS .pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2023. Download (40kB) | Request a copy |
|
Text (CHAPTER IV RESULTS AND DISCUSSION)
7. CHAPTER IV RESULTS AND DISCUSSION .pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2023. Download (235kB) | Request a copy |
|
Text (CHAPTER V CONCLUSION AND SUGGESTION)
8. CHAPTER V CONCLUSION AND SUGGESTION .pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2023. Download (61kB) | Request a copy |
|
Text (REFERENCES)
9. REFERENCES .pdf Download (68kB) |
|
Text (APPENDICES)
10. APPENDICES .pdf Restricted to Registered users only until 15 August 2023. Download (232kB) | Request a copy |
Abstract
Disleksia diketahui sebagai gangguan membaca yang disebabkan oleh factor neurologis. Penelitian ini dilakukan untuk mengulas apakah kemampuan membaca mampu mempengaruhi kemampuan menulis seseorang. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki dua tujuan yakni untuk mengklasifikasikan adanya kesalahan ejaan pada partisipan serta mengulas tentang kesalahan ejaan yang paling sering dilakukan oleh partisipan. Terdapat empat siswa dengan hambatan disleksia yang berasal dari tiga SD Negeri inklusi yang berbeda di Surabaya, di atnaranya SDN Kapasari 1, SDN Mojo 3, dan SDN Klampis Ngasem 1. Seluruh partisipan diberikan tugas secara individu. Mereka diminta untuk menyalin 100 kata yang didiktekan oleh peneliti. Selanjutnya, data akan dianalisis dengan menggunakan teori klasifikasi kesalahan ejaan oleh Protopapas, et al. (2013). Data tersebut kemudian diklasifikasikan berdasarkan kesalahan fonologis, gramatikal dan ortografis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesalahan ejaan yang paling sering muncul adalah kesalahan fonologis (68%). Diikuti oleh kesalahan gramatikal (22%) dan kesalahan ortografis (10%). Dalam kesalahan fonologis, penghilangan grafem atau fonem paling banyak ditemui dalam kesalahan ejaan partisipan (58%). Pada kesalahan gramatikal, bentuk kesalahan yang paling sering muncul juga penghilangan (73%), namun pada komponen kata-kata derivasi dan infleksi. Selanjutnya, kesalahan ortografis juga didominasi oleh bentuk kesalahan berupa penghilangan (82%), terutama pada komponen digraf dan prefiks dalam kata-kata derivasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya kesalahan ejaan sebagian besar terjadi pada kata-kata yang panjang, terutama kata polimorfemik. Polimorfemik adalah jenis kata yang terdiri dari satu morfem. Hal ini berkaitan dengan fakta bahwa siswa disleksia mengalami gangguan dalam ingatan mereka. Semakin panjang kata, maka mereka akan semakin sulit mengingat setiap grafemnya dengan benar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FS BE 26/20 Lus s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | disleksia; kesalahan ejaan; menulis; dikte | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1025-1050.75 Teaching (Principles and practice) > LB1049.9-1050.75 Reading (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
||||||
Divisions: | 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sukartini sukartini | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2020 04:52 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2020 04:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97401 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |