Efek Pemberian Nikotin Inhalasi Pada Perubahan Motilitas dan Morfologi Sperma Tikus Strain Wistar (Penelitian Laborqtoris Eksperimental)

Puruhito Nugroho and Ketut Sudiana and Fikri Rizaldi and Wahjoe Djatisoesanto (2018) Efek Pemberian Nikotin Inhalasi Pada Perubahan Motilitas dan Morfologi Sperma Tikus Strain Wistar (Penelitian Laborqtoris Eksperimental). Thesis thesis, Fakultas Kedokteran.

[img] Text (Abstrak)
Efek pemberian.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang :Merokok diketahui memiliki efek yang merugikan pada sperma. Efek ini diduga berasal dari nikotin yang merupakan komponen farmakologis utamanya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh paparan nikotin per inhalasi terhadap perbedaan persentase motilitas sperma dan persentase morfologi sperma normal pada tikus wistar jantan. Materi dan Metode :Tiga puluh tikus jantan digunakan untuk penelitian ini. Mereka secara acak dibagi menjadi 5 kelompok dan diberikan perlakuan berupa inhalasi nikotin 0,5 mg / kgBB, 1 mg / kgBB, 2 mg / kgBB dan 4 mg / kgBB selama 30 hari sementara kelompok tikus kontrol tidak diberikan perlakuan. Pada akhir percobaan, analisis sperma dilakukan untuk mengukur persentase sperma motil dan persentase sperma dengan morfologi normal. Hasil :Persentase sperma motil menurun secara signifikan (P <0,05) pada semua kelompok perlakuan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Perbandingan antara kelompok perlakuan bahwa persentase sperma motil menurun secara signifikan dalam 0,5 mg / kgBB vs 2 mg / kgBB, 0,5 mg / kgBB vs 4 mg / kgBB, dan 1 mg / kgBB vs 4 mg / kgBB. Persentase morfologi sperma normal menurun secara signifikan (P <0,05) dalam 1 mg / kgBB, 2 mg / kgBB, dan 4 mg / kgBB dibandingkan dengan kelompok kontrol. Perbandingan antara kelompok perlakuan mengungkapkan bahwa tidak ada penurunan yang signifikan antar kelompok perlakuan. Kesimpulan :Penelitian ini menyimpulkan bahwa paparan nikotin per inhalasi dapat memperburuk persentase sperma motil dan persentase morfologi sperma normal tikus wistar jantan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: nicotine, sperm morphology, sperm motility
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RC Internal medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC870-923 Diseases of the genitourinary system. Urology
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Urologi
Creators:
CreatorsNIM
Puruhito NugrohoUNSPECIFIED
Ketut SudianaNIDN0005075507
Fikri RizaldiNIDN0009028306
Wahjoe DjatisoesantoNIDN8826900016
Depositing User: arys fk
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:32
Last Modified: 26 Aug 2020 02:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97788
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item