Determinan Inovasi Dan Prospek Usaha Pada Usaha Menengah Besar Di Indonesia

Rapita Handayani (2020) Determinan Inovasi Dan Prospek Usaha Pada Usaha Menengah Besar Di Indonesia. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (300kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (81kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan determinan inovasi pada usaha menengah besar (UMB) di Indonesia menggunakan metode Regresi Binomial Negatif. Penelitian ini juga melihat pengaruh variabel inovasi proses, inovasi produk, inovasi pemasaran, dan inovasi manajerial/organisasional terhadap prospek perusahaan/ UMB sektor-sektor utama (sektor C, G, F, dan B) di Indonesia. Penelitian ini mengolah 318.895 mikrodata UMB yang diperoleh dari Sensus Ekonomi 2016-Lanjutan Pendataan Usaha Menengah Besar (UMB) dan Usaha Mikro Kecil (UMK). Pengumpulan data ini dilakukan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2017. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa inovasi pemasaran dan inovasi produk adalah tipe inovasi yang paling banyak dilakukan oleh UMB di Indonesia. Hasil analisis inferensia menunjukkan bahwa model sektor ekonomi yang seluruh variabel independennya signifikan positif terhadap variabel inovasi adalah model sektor K (Keuangan dan Asuransi). Variabel kepemilikan hak cipta/hak paten/ hak atas kekayaan intelektual, persiapan pengembangan usaha, research and development, dan pelatihan tenaga kerja dengan tingkat signifikan satu persen berpengaruh positif pada model determinan inovasi UMB seluruh sektor ekonomi (non-pertanian). Variabel kemitraan juga secara signifikan (satu persen) berpengaruh positif pada inovasi seluruh sektor, kecuali sektor D dan E. Variabel penggunaan internet berpengaruh positif pada inovasi seluruh sektor, kecuali sektor F. Variabel skala usaha berpengaruh positif pada sektor D, F, dan K. Tipe inovasi yang berpengaruh positif pada prospek usaha sektor C adalah inovasi produk dan manajerial. Pada sektor G, seluruh tipe inovasi berpengaruh positif pada prospek usaha.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TE. 13-20 Han d
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Prospek, Usaha Menengah Besar, Regresi Binomial Negatif, Regresi Log-Binomial
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory > HB615-715 Entrepreneurship
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
Rapita HandayaniNIM041814453021
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRossanto Dwi HandoyoNIDN0024087602
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 28 Aug 2020 04:13
Last Modified: 28 Aug 2020 04:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/97997
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item