Pemberhentian Notaris Karena Melakukan Perbuatan Tercela Atau Merendahkan Kehormatan Dan Martabat Jabatan Notaris

Fiona Lourensa Pelafu (2020) Pemberhentian Notaris Karena Melakukan Perbuatan Tercela Atau Merendahkan Kehormatan Dan Martabat Jabatan Notaris. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (327kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II KONSEP PERBUATAN TERCELA DAN PERBUATAN YANG MERENDAHKAN KEHORMATAN DAN MARTABATJABATAN NOTARIS.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III SANKSI PERBUATAN TERCELA DAN PERBUATAN YANG MERENDAHKAN KEHORMATAN DAN MARTABAT JABATAN NOTARIS.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 1 September 2023.

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR BACAAN)
8. DAFTAR BACAAN.pdf

Download (435kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Notaris merupakan salah satu profesi yang dipandang tinggi dalam masyarakat Indonesia, terutama dalam lapangan hukum. Jabatan Notaris diperlukan dalam bidang legal, sehingga dengan itu pula secara otomatis perlu adanya peraturan hukum agar jabatan Notaris itu dapat hadir dan dijalankan dengan baik dalam publik. UU No. 30 Tahun 2004 jo. UU No. 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris (UUJN) pun hadir sebagai peraturan perundang-undangan yang memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam UUJN ditetapkan bahwa Notaris yang melanggar peraturan-peraturan di dalamnya dapat diberhentikan sementara karena melakukan perbuatan tercela atau dengan tidak hormat karena melakukan perbuatan yang merendahkan kehormatan dan martabat jabatan Notaris. Pokok permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa konsep dari perbuatan tercela dan perbuatan yang merendahkan kehormatan dan martabat jabatan Notaris sehingga terdapat perbedaan definitif antara keduanya, serta apa sanksi yang akan dijatuhkan terhadap Notaris yang melakukan perbuatan tercela dan perbuatan yang merendahkan kehormatan dan martabat jabatan Notaris. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian yuridis normatif dengan pendekatan masalah undang-undang (statute approach) dan pendekatan masalah konseptual (conceptual approach). Bahan-bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari bahan hukum primer dan sekunder. Penelitian ini membuahkan hasil dalam bentuk kesimpulan, yaitu “perbuatan tercela” dan “perbuatan yang merendahkan kehormatan dan martabat jabatan Notaris” merupakan dua frasa yang merupakan konsep hukum yang sama, namun UUJN memisahkan kedua frasa ini, sehingga memiliki kesan bahwa keduanya merupakan konsep yang berbeda. Conoth Notaris yang melakukan perbuatan tercela dan merendahkan kehormatan dan martabat jabatan Notaris yaitu selain melakukan pelanggaran norma agama, kesusliaan, dan adat, termasuk juga di dalamnya pelanggaran terhadap Kode Etik (menghina rekan kerja Notaris lainnya atau memeras klien) dan tindakan-tindakan pidana (mencuri, cabul, dan zina). Selain itu, Notaris yang melakukan perbuatan tercela akan diberi sanksi pemberhentian sementara, namun dapat pula dijatuhkan sanksi-sanksi lain yang bersifat perdata maupun administratif, sedangkan Notaris yang melakukan perbuatan yang merendahkan kehormatan dan martabat jabatan Notaris akan diberi sanksi pemberhentian dengan tidak hormat yang disertai dengan sanksi atas tindak kejahatan atau pidana yang dilakukan Notaris tersebut.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK. 61-20 Pel p
Uncontrolled Keywords: Perbuatan Tercela, Perbuatan yang Merendahkan Kehormatan dan Jabatan Notaris, Pemberhentian Jabatan Notaris.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
Fiona Lourensa PelafuNIM031724253019
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDidik Endro PurwoleksonoNIDN0025036204
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 01 Sep 2020 10:43
Last Modified: 01 Sep 2020 10:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98324
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item