Nur Afiffah Hasna (2020) Simbol Dalam Tindakan Konsumsi Skin Game Pubg Di Komunitas 5x Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (384kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (438kB) |
|
Text (BAB 1)
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (623kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II TINJAUAN HISTORIS TENTANG GAME PUBG.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
5. BAB III SIMBOL DALAM TINDAKAN KONSUMSI SKIN GAME PUBG DI KOMUNITAS 5X SURABAYA .pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (807kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
6. BAB IV INTERPRETASI TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
7. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (337kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (487kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 2 September 2023. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (PERMOHONAN EMBARGO)
10. Permohonan Embargo-4.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) | Request a copy |
Abstract
Player Unknown’s Battle Grounds (PUBG) merupakan permainan yang dimainkan satu pemain atau lebih dengan cara menembak lawan pemain dalam permainan. Dalam Game PUBG terdapat skin yang dipakai untuk karakter pemain dalam game. Skin Game PUBG menjadi tren tersendiri dikalangan pemain game dimana skin Game PUBG tidak hanya sebagai identitas dalam game akan tetapi menjadi simbol prestise bagi pemain Game PUBG. Salah satu komunitas Game PUBG yang ada di Surabaya adalah Komunitas 5X Surabaya. Komunitas 5X menjadi wadah bagi pemain Game PUBG di Surabaya. Penelitian ini berfokus pada bagaimana simbol dalam tindakan konsumsi skin Game PUBG bagi pemain game di Komunitas 5X Surabaya. Penelitian ini mendeskripsikan secara kualitatif tentang simbol dalam tindakan konsumsi skin Game PUBG di Komunitas 5X Surabaya dan teori yang digunakan yaitu Teori Interaksionisme Simbolik Herbert Blumer dan Teori Masyarakat Konsumsi Jean Baudrillard. Informan dipilih dengan teknik snowball meliputi pembina, leader dan player sebanyak delapan informan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi pustaka dan observasi lapangan dalam penelitian ini. Penelitian ini berhasil menemukan tiga hal, pertama pemain game membentuk simbol skin Game PUBG melalui proses interaksi sosial dunia maya (online) dan dunia nyata (offline). Kedua, proses interaksi menghasilkan tiga makna yaitu makna skin Game PUBG sebagai simbol seni, makna skin Game PUBG sebagai simbol prestise dan makna skin Game PUBG sebagai simbol identitas. Ketiga, pemain game tidak hanya mengkonsumsi nilai guna dari suatu barang tetapi juga mengkonsumsi nilai tanda pada skin Game PUBG tersebut.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Fis S 30-20 Has s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Interaksi sosial, Skin Game PUBG, Konsumsi, Komunitas 5X Surabaya, Simbol, Makna, Nilai Guna, Nilai Tanda | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM831-901 Social change H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers |
||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | prasetyo adi nugroho | ||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2020 01:43 | ||||||
Last Modified: | 02 Sep 2020 01:43 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98383 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |