Analisis Wacana Pacaran Dalam Instagram Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran

Ajeng Pramaiswari (2020) Analisis Wacana Pacaran Dalam Instagram Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (168kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text (Bab I PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (537kB)
[img] Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III PEMBAHASAN)
6. BAB III PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2023.

Download (80kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pacaran diwacanakan dalam unggahan instagram gerakan Indonesia Tanpa Pacaran. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengeksplorasi proses pembentukan narasi wacana pacaran dalam akun instagram @IndonesiaTanpaPacaran. Objek penelitian ini adalah unggahan dalam akun instagram dengan keyword “pacaran” , “menikah”,dan “dosa”. Indonesia Tanpa Pacaran melakukan berbagai kampanye demi menghapuskan fenomena pacaran di Indonesia. Melalui berbagai unggahannya Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran seringkali melakukan diskriminasi terhadap remaja dan perempuan yang berpacaran. Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran juga disinyalir menyebarkan pemikiran islam konservatif melalui ruang publik virtual. Penelitian ini juga berusaha mengungkapkan wacana komodifikasi agama yang dilakukan oleh gerakan Indonesia Tanpa Pacaran. Penelitian ini akan menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis wacana kritis Fairclough. Berdasarkan rumusan masalah yang ditanyakan, penulis menjelaskan konsep pacaran yang digagas oleh Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran serta proses pembentukan narasi wacana pacaran tersebut. Hasil temuan dijelaskan dalam beberapa tema yakni pacaran dianggap sia – sia, stereotip negatif terhadap perempuan berpacaran, generalisasi tidak sempurna remaja berpacaran, solusi menikah muda tanpa menekankan kesiapan mental dan finansial, dan komodifikasi agama. Hasil dari penelitian ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam membentuk narasi wacana tanpa pacaran, gerakan ITP menggunakan dalil keagaaman sebagai bentuk legitimasi pemikiran. Gerakan ini juga melibatkan struktur budaya patriarki dalam agama islam sebagai pendukung narasi wacana pacaran. Dalam gerakan ini ITP juga menunjukkan keberpihakan mereka dalam memandang gender. Penyebaran narasi wacana gerakan ITP juga memanfaatkan citra diri penggagasnya, yakni La Ode Munafar sebagai seorang pemuka agama. Gerakan ini juga melakukan komodifikasi agama melalui jual beli merchandise dan bimbingan hijrah berbayar yang dikelola oleh Indonesia Tanpa Pacaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K 44-20 Pra a
Uncontrolled Keywords: Indonesia Tanpa Pacaran, pacaran, analisis wacana kritis, konstruksi wacana, komodifikasi agama
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV697-4959 Protection, assistance and relief > HV697-3024 Special classes > HV1421-1441 Young adults. Youth. Teenagers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ajeng PramaiswariNIM071611533017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNisa Kurnia IllahiatiNIDN0030128401
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 02 Sep 2020 06:42
Last Modified: 02 Sep 2020 06:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/98417
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item