Analisis Pengaruh Brexit dan Kebijakan De-Globalisasi Perdagangan Amerika Serikat terhadap Indonesia Ditinjau dari Hukum Perdagangan Internasional

Intan lnnayatun Soeparna and Nilam Andalia Kurniasari and Yadiono (2017) Analisis Pengaruh Brexit dan Kebijakan De-Globalisasi Perdagangan Amerika Serikat terhadap Indonesia Ditinjau dari Hukum Perdagangan Internasional. Fakultas Hukum Universitas Airlangga, Surabaya.

[img] Text (FULL TEXT)
9 Analisis Pengaruh_Internasional.pdf

Download (21MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
Intan 9.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hukum perdagangan internasional dibentuk dengan tujuan mencapai integrasi perdagangan dalam skala global. Ditandai dengan disahkannya perjanjian perdagangan internasional ke dalam World Trade Organisation Agreement. Aturan-aturan WTO diterapkan untuk menjamin perdagangan global yang mengarah pada globalisasi ekonomi. Keuntungan yang didapat dari aturan WTO adalah memberi kemudahan bagi negara berkembang termasuk lndonesia untuk dapat berkiprah di kancah perdagangan lntemasional. Akan tetapi lain hal yang terjadi di negara-negara maju saat ini, BREXIT merupakan langkah mundur bagi United Kingdom dalam melaksanakan tujuan hukum perdagangan intemasional, diikuti oleh kebijakan Deglobalisation perdagangan Amerika Serikat yang juga merupakan langkah untuk menghilangkan tujuan perdagangan intemasional. Hal ini kemudian akan menimbulkan implikasi pada perdagangan multilateral dimana lndonesia menjadi bagian dari itu. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisa pengaruh Brexit dan kebijakan deglobalisasi perdagangan Amerika Serikat pada lndonesia ditinjau dari hukum perdagangan intemasional. Penelitian ini akan membahas, pertama, penerapan serta pengaruh BREXIT dan kebijakan deglobalisasi perdagangan Amerika Serikat ditinjau dari hukum perdagangan internasional, kedua, pengaruh BREXIT dan kebijakan de-globalisasi perdagangan Amerika Serikat bagi lndonesia dan ketiga, solusi tepat bagi lndonesia dalam mengantisipasi pengaruh BREXIT dan kebijakan de-globalisasi perdagangan Amerika Serikat.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: BREXIT; hukum perdagangan internasional; De-globalisation dan globalisasi ekonomi.
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Hukum Internasional
Creators:
CreatorsNIM
Intan lnnayatun SoeparnaNIDN0005067513
Nilam Andalia KurniasariNIDN0025017903
YadionoNIM031414153010
Depositing User: Tn Ubay Ubaidillah
Date Deposited: 24 Sep 2020 05:53
Last Modified: 24 Sep 2020 05:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item