Ardi Prawiono (2020) Fenomena Game Moba (Multiplayer Online Battle Arena) Pada Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa Di Kota Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN AWAL)
1. HALAMAN AWAL.pdf Download (418kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (136kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (140kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (328kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II DESKRIPSI UMUM GAME MOBA.pdf Restricted to Registered users only until 28 September 2023. Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III PROFIL INFORMAN dan FENOMENA GAME MOBA PADA PELAJAR DAN MAHASISWA.pdf Restricted to Registered users only until 28 September 2023. Download (298kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV GENERASI dan ASOSIASI DIFFERENSIAL.pdf Restricted to Registered users only until 28 September 2023. Download (236kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only until 28 September 2023. Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 28 September 2023. Download (317kB) | Request a copy |
|
Text (EMBARGO)
Permohonan Embargo.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai berjudul “Fenomena Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) Pada Kalangan Pelajar dan Mahasiswa di Kota Surabaya. Surabaya merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dan juga merupakan kota metropolitan kedua setelah Jakarta. Seiring dengan semakin majunya IPTEK, perkembangan dunia game dalam lingkungan masyarakat terutama pada kalangan pelajar dan mahasiswa sudah semakin meningkat, terutama game MOBA. Dewasa ini sudah banyak sekali para pelajar dan mahasiswa yang memainkan game MOBA. Bahkan tidak sedikit juga yang memainkan game MOBA hingga kecanduan terhadap game tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan ruang lingkup kota Surabaya dan informan yang berusia masih berstatus pelajar dan mahasiswa yang masih memainkan game MOBA. Untuk menganalisa realitas yang terjadi peneliti menggunakan teori generasi dari Strauss dan Howee dan teori asosiasi diferensial dari Edwin H. Sutherland. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, indepth interview dan pengumpulan studi baik itu jurnal, buku, dan internet untuk pengumpulan data. Subyek penelitian menggunakan metode purposive sehingga ditemukan sembilan informan yang sesuai dengan kriteria peneliti. Informan yang merupakan para pelajar dan mahasiswa menyatakan alasan - alasan mengapa mereka terus bermain game MOBA. Tipe permainan yang cenderung mudah membuat banyak sekali yang menyukai game MOBA, kemudian game MOBA sendiri adalah game yang sangat murah dan tidak menghabiskan banyak biaya. Cukup dengan nongkrong di warung wifi pemain sudah bisa memainkan game MOBA sepuasnya. Selain itu game MOBA juga bisa dimainkan oleh lebih dari satu orang yang bisa menjadi ajang berkumpul bersama teman sebaya. Pengaruh dari teman - teman sebaya (peer group) juga berpengaruh dalam informan mulai memainkan game MOBA. Selain itu informan juga menjadikan game MOBA untuk menghilangkan rasa bosan dan mengisi waktu luang informan
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FIS S 48/20 Pra f | ||||||
Uncontrolled Keywords: | game MOBA, kecanduan, pelajar, mahasiswa, Surabaya | ||||||
Subjects: | S Agriculture > SK Hunting sports > SK1-664 Hunting sports > SK295-305 Big game | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 28 Sep 2020 03:49 | ||||||
Last Modified: | 28 Sep 2020 03:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/99453 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |