HAYATUNNUFUS, 040217384
(2009)
PENERAPAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN DALAM MENILAI KINERJA MANAGER DIVISI MARKETING.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Kondisi persaingan yang ketat diikuti dengan kompleksnya aktifitas dan permasalahan yang dihadapi perusahaan, memaksa perusahaan harus dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan baik. Melalui desentralisasi, pendelegasian wewenang dan tanggung jawab kepada tiap-tiap unit organisasi, perusahaan dapat mengatasi masalah tersebut. Pendelegasian wewenang membutuhkan pengendalian yang dapat dilakukan melalui akuntansi pertanggungjawaban yang akan memberikan informasi yang dapat digunakan untuk menilai kinerja manager pada wilayah tanggung jawabnya.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan analisis secara deskriptif komparatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari perusahaan berupa wawancara dan observasi langsung, dan data sekunder berupa dokumen dari perusahaan dan literature buku. Teknik analisis dilakukan dengan menganalisis data-data yang terkumpul mengenai elemen-elemen akuntansi pertanggungjawaban pada PT. X dan membandingkan antara keadaan sesungguhnya pada perusahaan dengan landasan teori yang ada.
Penerapan akuntansi pertanggungjawaban berdasarkan fungsi menitikberatkan pada pengukuran kinerja keuangannya, yaitu dengan membandingkan nilai anggaran yang telah ditetapkan sebelumnya dengan realisasi yang dicapai. Penerapan akuntansi pertanggungjawaban pada PT. X dijalankan dengan baik. Sistem anggaran dilakukan dengan memadukan top-down budgeting dan bottom-up budgeting.
Pengklasifikasian biaya telah menunjukkan keterkendalian berdasarkan pusat biayanya dan pengkodean rekening dilakukan berdasarkan kelompok perkiraannya. Laporan pertanggungjawaban biaya yang dibuat telah menunjukkaan format umum
pembuatan laporan pertanggungjawaban biaya. Laporan pertanggungjawaban biaya tersebut disusun untuk masing-masing pusat biayanya.
Actions (login required)
|
View Item |