Dyah Retno Palupi (2012) Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dan Persepsi Terhadap Pola Asuh Orangtua Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Psikologi Angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN .pdf Download (322kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2 DAFTAR ISI.pdf Download (174kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf Download (85kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (305kB) |
|
Text (BAB II)
5 BAB II LANDASAN TEORI.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (221kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6 BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (305kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (407kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (72kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 2024. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan prestasi belajar mahasiswa psikologi angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Prestasi belajar adalah penampakan hasil belajar seseorang yang berupa penilaian dibidang pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai hasil belajar yang dinyatakan dalam bentuk nilai yaitu IPK. Motivasi berprestasi adalah suatu dorongan yang ada pada peserta didik yang selalu berusaha atau berjuang untuk meningkatkan atau memelihara kemampuannya setinggi mungkin pada semua aktivitas dengan menggunakan standar keunggulan dan dikarakteristikkan oleh tiga dimensi yaitu standar keunggulan diri, standar keunggulan tugas, dan standar keunggulan peserta didik yang lain. Sedangkan pola asuh orangtua adalah pengasuhan orangtua kepada anak yang memiliki dua dimensi yaitu demandingness dan responsiveness. Dua dimensi ini merupakan pendekatan dalam empat tipe pola asuh yaitu authoritative (demokratis), authoritarian (otoriter), permissif indulgent (memanjakan), dan permissif rejecting-neglecting (menolak-tidak peduli). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa psikologi angkatan 2010 di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, dengan jumlah sampel awal 105 dan di saring berdasarkan tipe pola asuh menjadi 34 subjek. Adapun subjek penelitian yang digunakan untuk menjadi sampel penelitian ini berjumlah 34 subjek dengan distribusi 4 orang laki-laki dan 30 orang perempuan. Variabel motivasi berprestasi diukur dengan alat ukur yang dibuat berdasarkan teori motivasi berprestasi Heckhausen (1967 dalam Djaali, 2007) dan alat ukur persepsi terhadap pola asuh orangtua dibuat berdasarkan pola asuh orangtua menurut Baumrind (1966,1991 dalam Lestari, 2012). Reliabilitas aitem tersebut telah diujicobakan terlebih dahulu kepada 30 mahasiswa psikologi angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya. Analisis data dilakukan dengan teknik Regresi Berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh koefisien korelasi dua variabel bebas yaitu 0,453 dengan taraf signifikansi 0,042. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara motivasi berprestasi dan persepsi terhadap pola asuh orangtua dengan prestasi belajar mahasiswa psikologi angkatan 2010 Universitas Airlangga Surabaya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Motivasi Berprestasi, Persepsi, dan Pola | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '- | ||||||
Date Deposited: | 15 Apr 2021 06:32 | ||||||
Last Modified: | 15 Apr 2021 06:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105633 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |