Efektifitas Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA

Adhitya Wisnumurti (2014) Efektifitas Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Pada Mata Pelajaran IPA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (708kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (591kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (596kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (687kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (598kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan kegiatan pembelajaran di kelas. Dominannya guru mempengaruhi aktivitas siswa dalam belajar IPA sehingga siswa sebagai pembelajar IPA kurang tampak memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah terkait permasalahan fenomena alam di kehidupan sekitar. Siswa-siswa belum mampu memahami materi secara baik dan bersifat menghafal dalam menangkap materi. Dampak dari keterlibatan siswa yang kurang dalam belajar terlihat hasil belajar siswa rendah ditunjukkan dengan dua kali ulangan harian menunjukkan nilai rata-rata kelas 62,44. Intervensi yang digunakan peneliti yaitu menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPA di kelas. Adapun rumusan masalahnya adalah Apakah penerapan PBL efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah di pembelajaran IPA?. Sedangkan tujuan penelitian untuk membuktikan efektifnya penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk pemecahan masalah pembelajaran IPA. Tipe penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi dengan desain eksperimen kelompok kontrol tidak ekuivalen. Subjek penelitian adalah siswa kelas IVB sebagai kelompok eksperimen dan kelas IVA sebagai kelompok kontrol di SDN Tambakaji 04 sejumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pembelajaran IPA dan dianalis dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan skor pada posttest dan menghasilkan nilai Asymp. Sig. 0,018 yang kurang dari taraf nyata (α = 0,05) pada penghitungan statistik. Maka dinyatakan ada peningkatan yang signifikan dari penerapan Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah di pembelajaran IPA. Oleh karena itu, diharapkan para guru sebaiknya mengajarkan materi pelajaran IPA dengan hakikat pembelajaran IPA yang lebih mengenalkan masalah-masalah dalam fenomena alam sekitar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pembelajaran IPA
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-1999 Psychology, Parapsychology, Occult Sciences.
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Adhitya WisnumurtiNIM110941052
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, -NIDN0022066702
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 19 Apr 2021 03:42
Last Modified: 21 Apr 2021 12:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105830
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item