Hubungan Antara Persepsi Risiko Berkendara Sepeda Motor Dengan Agresivitas Pengendara Sepeda Motor Remaja Laki-Laki Di Kecamatan Menganti

Edwin Nugraha (2015) Hubungan Antara Persepsi Risiko Berkendara Sepeda Motor Dengan Agresivitas Pengendara Sepeda Motor Remaja Laki-Laki Di Kecamatan Menganti. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (686kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2.DAFTAR ISI.pdf

Download (667kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3.ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4.BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (809kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5.BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2024.

Download (793kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II METODE PENELITIAN)
6.BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2024.

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL)
7.BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2024.

Download (815kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN)
8.BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2024.

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 19 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda maotor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di Kecamatan Menganti. Pelaksanaan penelitian ini berdasarkan tingginya jumlah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda motor di Kecamatan Menganti. Persepsi risiko berkendara sepeda motor adalah penilaian subjektif terhadap probabilitas terjadinya suatu kecelakaan dan potensi bahaya ketika berkendara dengan menggunakan sepeda motor di jalan raya (Rundmo & Iversen, 2004). Agresivitas pengendara adalah pola perilaku berkendara yang membahayakan dan meningkatkan risiko terhadap pengendara dan pengguna jalan yang lain (Houston dkk, 2003). Penelitian ini dilakukan pada pengendara sepeda motor remaja laki-laki yang berdomisili di Kecamatan Menganti. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 56 subjek. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini merupakan terjemahan dari skala persepsi risiko berkendara yang disusun oleh Rundmo dan Iversen (2004) dan skala perilaku agresivitas pengendara yang disusun oleh Houston dkk (2003). Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik uji korelasi Spearman’s Rho dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21 for Windows. Hasil dari analisis data penelitian menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,379 (siginifikansi > 0,05) dengan nilai koefisien korelasi 0,120. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara persepsi risiko berkendara sepeda motor dengan agresivitas pengendara sepeda motor remaja laki-laki di Kecamatan Menganti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: persepsi risiko berkendara, agresivitas pengendara, remaja, laki-laki.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Edwin NugrahaNIM111111016
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAchmad ChusairiNIDN0031017503
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 19 Apr 2021 05:11
Last Modified: 19 Apr 2021 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105839
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item