Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Yang Mengalami Kesulitan Berhitung

Lailatul Fithri (2013) Penerapan Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Sekolah Dasar Yang Mengalami Kesulitan Berhitung. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (747kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (704kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (715kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (753kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (861kB)
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (626kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (704kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Mata pelajaran wajib di SD salah satunya adalah kemampuan berhitung atau matematika. Berbagai upaya telah dilakukan, namun tiga dari 21 siswa kelas 2 dan satu dari 17 siswa kelas 1 SDN Mojo X Surabaya mengalami kesulitan berhitung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika menggunakan media benda konkret terhadap kemampuan berhitung anak berkesulitan berhitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa berkesulitan berhitung di SDN Mojo X Surabaya. Subjek penelitian didapatkan dari hasil screening melalui observasi, Kuesioner untuk guru/orang tua, wawancara terhadap siswa dan tes matematika dasar. Kemudian subjek penelitian diberikan intervensi berupa Pembelajaran menggunakan media benda konkret. Kegiatan pembelajaran berlangsung dalam empat sesi. Sebelum dan sesudah intervensi diberikan pre dan post yang digunakan sebagai hasil evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah proses matematika dengan menggunakan pembelajaran media benda konkret terhadap siswa yang mengalami kesulitan berhitung ternyata belum mampu meningkatkan kemampuan berhitung siswa berkesulitan berhitung. Pemberian intervensi yang terlalu singkat sehingga menyebabkan subjek belum mampu memahami konsep pembelajaran menggunakan media benda konkret dengan baik sehingga belum mampu meningkatkan pemahaman angka dan kemampuan kalkulasi para subjek. Dibutuhkan waktu yang lebih lama serta adanya pembiasaan bagi para subjek agar mereka dapat memahami konsep angka dasar dan kalkulasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Benda Konkret, Kesulitan Berhitung
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180-205 Experimental Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Lailatul FithriNIM110941050
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNono Hery Yoenanto, -NIDN0022066702
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 21 Apr 2021 06:21
Last Modified: 21 Apr 2021 15:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item