Fina Firdaus (2012) Pelatihan Modifikasi Perilaku Untuk Meningkatkan Keterampilan Manajemen Kelas Pada Guru SD. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf Download (675kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf Download (639kB) |
|
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAKSI.pdf Download (637kB) |
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (706kB) |
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN TEORITIK.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (850kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (628kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (631kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelatihan modifikasi perilaku mampu meningkatkan keterampilan manajemen kelas guru SD. Pengertian manajemen kelas dalam penelitian ini menggunakan teori Glover (1990) yang mendefinisikan bahwa manajemen kelas adalah suatu pendekatan tingkah laku untuk mengarahkan perilaku siswa di dalam kelas. Artinya, manajemen kelas adalah menciptakan rutinitas kegiatan belajar supaya berjalan lancar dan membantu mencegah munculnya masalah disiplin yang tidak perlu ada. Sedangkan modifikasi perilaku adalah usaha mengubah perilaku dan emosi manusia dengan cara yang menguntungkan berdasar hukum-hukum teori modern proses belajar (Eysenk dalam Soekadji, 1983). Penelitian ini dilakukan pada guru SD dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 14 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Alat pengumpul data berupa panduan observasi, kuesioner. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik paired sample t-test dengan bantuan SPSS versi 17.0 for windows. Berdasarkan hasil analis data penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan manajemen kelas guru SD sebelum dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan setelah dilakukan modifikasi perilaku. Koefisien t 11,776 dengan signifikansi 0,000. Taraf signifikansi hasil observasi (p = 0,000) dengan t-hitung (11,776 ) > dari t-tabel (3,012). Adanya mean sebelum (12.57) yang lebih besar daripada sesudah (20.57) menunjukan adanya peningkatan rata-rata keterampilan manajemen kelas antara sebelum dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan setelah dilakukan pelatihan modifikasi perilaku. Hasil yang kedua adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan antara sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan koefisien t 10,722 dengan signifikansi 0,000 (<0,05) dan t-hitung (10,722) > dari t-tebel (3,012. Adanya mean sebelum (14.43) yang lebih besar daripada sesudah (20.8) menunjukan adanya peningkatan rata-rata pengetahuan manajemen kelas antara sebelum dilakukan pelatihan modifikasi perilaku dengan setelah dilakukan pelatihan modifikasi perilaku.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kelas, Modifikasi Perilaku | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization > LB3011-3095 School management and discipline |
||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | shiefti dyah alyusi | ||||||
Date Deposited: | 23 Apr 2021 03:35 | ||||||
Last Modified: | 23 Apr 2021 03:35 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105994 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |