Organizational Commitment sebagai Mediasi Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Turnover Intention (Studi Pada PT.Equity World Futures Surabaya)

Haifa (2016) Organizational Commitment sebagai Mediasi Pengaruh Perceived Organizational Support terhadap Turnover Intention (Studi Pada PT.Equity World Futures Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (731kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (692kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (731kB)
[img] Text (BAB I)
BAB l.pdf

Download (761kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (733kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Turnover intention merupakan prediktor terbaik dmi turnover karyawan, sehingga hal ini menjadi penting bagi perusahaan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab turnover intention di dalam perusahaan agar dapat mengurangi tingkat turnover yang sebenarnya. Di dalam penelitian ini menganalisis pengaruh perceived organizational support terhadap turnover intention. Di samping hal tcrsebut, juga meneliti pengaruh variabel organizational comnntment sebagai variabel mediator diantara va.riabel keduanya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 47 orang karyawan pemasaran di perusahaan jasa keuangan PT.Equity World Futures Surabaya. Analisis yang digwiakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Penelitian ini membuktikan empat hipotesis yang telah disusun sebelumnya. Hipotesis pertama yaitu perceived organizational support terhadap turnover intention berpengaruh negatif dan tidak signifikan dengan nilai -0,015 dengan t hitung 0,138 yang lebih kecil dari t tabel. Selanjutnya basil dari hubungan tidak langsung pada hipotesis kedua perceived organizational support terhadap turnover intention dimediasi oleh affective commitment memiliki pengaruh signifikan dengan nilai 14,187 yang lebih besar dari nilai pengaruh langsung sebesar 3,235. Hasil hubungan tidak langsung pada hipotesis ketiga perceived organizational support terhadap turnover intention dimediasi oleh normative commitment memiliki pengaruh signifikan dengan nilai 14,226 lebih besar dari nilai pengaruh langsungnya sebesar 2,705. Dan basil hubungan tidak langsung pada hipotesis keempat perceived organizational support terbadap turnover intention dimediasi oleh continuance commitment memiliki pengaruh signifikan dengan nilai 30,718 lebih besar dari pengaruh langsungnya sebesar 4,073. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perceived organizational support tidak berpengaruh secara langsung terhadap turnover intention. Kemudian perceived organizational support berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui affective commitment, normative commitment, dan continuance commitment sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hanya tersedia versi online/ file
Uncontrolled Keywords: Perceived Organizational Support (POS), Affective Commitment, Normative Commitment, Continuance Commitment, Turnover Intention.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
HaifaNIM040912242
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPratini Yulianti, -NIDN195807191994032001
Depositing User: Nurma Harumiaty
Date Deposited: 04 May 2021 14:48
Last Modified: 04 May 2021 14:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106722
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item