Hidayatul Masruroh (2014) Strategi Orangtua Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Gifted. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (857kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (627kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (636kB) |
|
Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (666kB) |
|
Text (BAB II)
5. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (666kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran strategi orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted. Anak gifted merupakan anak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata (intelektual yang tinggi), kreativitas yang tinggi, dan komitmen terhadap tugas yang tinggi (Renzulli, 2005). Kreativitas yang merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh anak gifted perlu dikembangkan mengingat potensi tersebut memainkan peran penting dalam semua bidang kehidupan. Ketika kreativitas dapat berkembang dengan optimal maka akan memberi sumbangan yang luar biasa kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus instrumental. Subjek penelitian terdiri dari empat orangtua yang memiliki anak gifted. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, studi dokumen, serta materi audio dan visual kemudian dianalisis menggunakan metode analisis tematik. Berdasarkan pada hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat tujuh strategi yang digunakan oleh orangtua dalam mengembangkan kreativitas anak gifted. Ketujuh strategi tersebut adalah aktivitas eksplorasi umum, aktivitas pilihan individu, proyek individu, bertukar ide, penyediaan fasilitas, pendorong, dan apresiasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi, orangtua, kreativitas, anak gifted | ||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology | ||||||
Divisions: | 11. Fakultas Psikologi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Novita | ||||||
Date Deposited: | 04 May 2021 16:45 | ||||||
Last Modified: | 04 May 2021 16:45 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106735 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |