Fany Arsad Hidayaturachman (2020) Upaya Peningkatan Capaian Ikm Unit Pelayanan Berdasarkan Analisis Faktor Organisasi Dan Work Engagement Di Rsud Dr. Soetomo Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf Download (964kB) |
|
Text
2. ABSTRACT.pdf Download (752kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (781kB) |
|
Text
4. BAB I .pdf Download (864kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (896kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (679kB) | Request a copy |
|
Text
7. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (818kB) | Request a copy |
|
Text
8. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (841kB) | Request a copy |
|
Text
9. BAB 6.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (729kB) | Request a copy |
|
Text
10. BAB 7.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (668kB) | Request a copy |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (743kB) |
|
Text
12. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only until 10 May 2024. Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
TKA.18-21-embargo publikasi Fany Arsad - fani arsyad.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
Abstract
Kepuasan pasien menjadi salah satu capaian kinerja dari sebuah pelayanan kesehatan, termasuk rumah sakit. Capaian Indeks Kepuasan Masyarakat RSUD Dr. Soetomo Surabaya pada tahun 2018 belum mencapai target yaitu hanya sebesar 77,9%. Tujuan dari penelitian ini untuk menyusun rekomendasi peningkatan capaian Indeks Kepuasan Masyarakat berdasarkan faktor organisasi dengan work engagement petugas pelayanan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif melalui pengisian kuesioner. Responden penelitian ini merupakan 125 orang karyawan RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Hasil pengumpulan data diolah menggunakan uji statistik regresi linier ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel pada faktor organisasi yang berpengaruh signifikan terhadap work engagement adalah budaya organisasi dan manajemen dan rekan kerja. Semakin baik budaya organisasi serta manajemen dan rekan kerja yang baik, maka semakin baik juga work engagement karyawan. Rekomendasi yang diberikan kepada RSUD Dr. Soetomo Surabaya sebagai upaya peningkatan capaian indeks kepuasan masyarakat adalah melakukan perbaikan serta penguatan komitmen karyawan melalui kegiatan outing atau capacity building, memberikan wadah untuk menampung aspirasi serta saran dari karyawan terkait layanan yang telah berjalan, penguatan pengawasan pelaksanaan tupoksi karyawan, penguatan aturan dan sistem yang jelas mengenai hak dan kewajiban karyawan serta pelaksanaan rotasi kerja secara berkala sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak semua variabel faktor organisasi berpengaruh pada work engagement, hanya budaya organisasi serta manajemen dan rekan kerja. Rekomendasi yang tersusun dapat dipertimbangkan sebagai upaya peningkatan IKM di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 18/21 Hid u | ||||||
Uncontrolled Keywords: | organization, work engagement, satisfaction index, hospital | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV7935-8025 Administration and organization | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 May 2021 05:58 | ||||||
Last Modified: | 10 May 2021 05:58 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/107036 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |