PERLINDUNGAN MEREK DAN REPUTASI BISNIS (STUDI KASUS MEREK PAK ELAN)

Disthira Alfrieda Rosita, 030810388 (2012) PERLINDUNGAN MEREK DAN REPUTASI BISNIS (STUDI KASUS MEREK PAK ELAN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FH.122-12 Ros p abstrak.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FH.122-12 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi ini berjudul ”Perlindungan Merek dan Reputasi Bisnis (Studi Kasus Merek Pak Elan”). Dalam skripsi ini hal yang di bahas adalah mengenai Salah satu bidang Hak Kekayaan Inteletual (HKI) adalah Merek. Merek merupakan salah satu wujud kreasi intelektual manusia yang mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi perusahaan dalam perdagangan barang atau jasa. Merek adalah tanda yang dapat digunakan untuk mengidentifikasikan suatu produk atau perusahaan dipasaran. Merek juga mengandung aspek perlindungan hukum bagi pemilik atau pemegang hak atas merek tersebut. Merek sangat penting dalam persaingan antar produsen karena bila produk dengan kualitas yang baik maka, konsumen akan mencari produk tersebut, oleh karena itu dibutuhkan ciri atas merek tersebut. Melalui merek, pengusaha membangun reputasi, sehingga nantinya merek tersebut memiliki nilai lebih pada harga jualnya. Reputasi yang dibangun oleh Pak Elan pada tahun 1955 hanya terbatas pada Goodwill, dikenal First to Use Principle berdasarkan UU No. 21/1961 meskipun ada fasilitas pendaftaran merek, namun tidak dikenal merek jasa untuk warung (depot makan). Reputasi diwariskan pada anaknya Alamin yang dengan izin Pak Elan (ketika Pak Elan masih hidup) melakukan pendaftaran merek “Elan” dan “PAK ELAN” untuk merek jasa pada tahun 1996. Hal ini mengingat pada saat itu terjadi perubahan menjadi First to File Principle berdasarkan UU No.19/1992 jo UU No.14/1997 dan UU No.15/2001. Kekuatan perlindungan hukum bagi merek terdaftar “Elan” dan “PAK ELAN” dari periodesasi UU No. 19/1992 jo UU No. 14/1997 (UU Merek lama) dan UU No. 15/2001 membentuk hak eksklusif bagi pemilik merek terdaftar atau menggunakan hak mereknya sendiri atau memberikan kesempatan bagi pihak lain untuk menggunakan merek terdaftar tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.122/12 Ros p
Uncontrolled Keywords: Merek, Pak Elan, Reputasi Bisnis
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7550-7582 Intellectual property
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Disthira Alfrieda Rosita, 030810388UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
EditorRahmi Jened, Prof. Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 09 Aug 2012 12:00
Last Modified: 07 Sep 2016 07:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11328
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item