TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA SPG (SALES PROMOTION GIRL) MINUMAN KESEHATAN HERBALIFE SURABAYA

RINA NOVIA, 121111092 (2015) TINDAK TUTUR ILOKUSI PADA SPG (SALES PROMOTION GIRL) MINUMAN KESEHATAN HERBALIFE SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-noviarina-39205-7.abstr-k.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 93-15 Nov t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tindak tutur ilokusi pada tuturan SPG Minuman Kesehatan Herbalife. Tindak tutur merupakan perilaku berbahasa seseorang yang berupa tindak ujaran seseorang dalam situasi ujaran tertentu. Tindak tutur dalam situasi ujaran tertentu juga juga digunakan pada tuturan SPG Minuman Kesehatan Herbalife. Tindak tutur SPG juga proses komunikasi yang cukup unik, karena di dalamnya terdapat komunikasi atas penutur dan mitra tutur dalam menjalin hubungan antara penjual dan pembeli. Hal ini ditinjau dari (1) tindak tutur ilokusi yang digunakan dalam tuturan SPG Minuman Kesehatan Herbalife. (2) fungsi-fungsi yang digunakan dalam tuturan SPG Minuman Kesehatan Herbalife penelitian ini menggunakan metode deskripstif kualitatif, karena penelitian ini dilakukan dengan mengamatisuatu fenomena bahasa dalam kurun waktu tertentu. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam beberapa tahap, yakni observasi, rekam dan catat. Analisis data dilakukan dengan mengklasifikasikan hasil tuturan berdasarkan bentuk tuturannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur ilokusi yang digunakan oleh SPG Herbalife di Surabaya yaitu representatif, direktif, komisif, ekspresif dan deklaratif. Fungsi-fungsi tindak tutur ilokusi yang digunakan oleh SPG Herbalife Surabaya yaitu fungsi ilokusi asertif, fungsi ilokusi direktif, fungsi ilokusi komisif, fungsi ilokusi ekspresif, dan fungsi ilokusi deklaratif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS. BI. 93/15 Nov t
Uncontrolled Keywords: SALES PROMOTION; COMMUNICATION IN MARKETING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RINA NOVIA, 121111092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBea Anggraini, S.S, M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 27 Nov 2015 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/14492
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item