KONSEP DIRI MANTAN PENGGUNA NARKOBA DI SURABAYA (Studi Deskriptif Konsep Diri Mantan Pengguna Narkoba Di Surabaya Berkaitan Dengan Adanya Stigma Dari Lingkungan Sosialnya)

Arief Nurprayitno, 070016261 (2008) KONSEP DIRI MANTAN PENGGUNA NARKOBA DI SURABAYA (Studi Deskriptif Konsep Diri Mantan Pengguna Narkoba Di Surabaya Berkaitan Dengan Adanya Stigma Dari Lingkungan Sosialnya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurprayitn-9247-abstract-8.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-nurprayitn-9339-fiss34-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi tentang konsep diri mantan pengguna narkoba sangat relevan dengan kondisi generasi muda di Indonesia saat ini. Seperti diketahui bahwa banyak generasi muda yang terjerumus ke dalam dunia hitam khususnya narkoba. Dalam penelitian ini hal yang menarik untuk diteliti adalah sikap Para mantan pengguna narkoha dengan adanya stigma dari lingkungan sosialnva. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep mantan pengguna narkoba di Surabaya berkaitan dengan adanya stigma dari lingkungan sosialnva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep diri mantan pengguna narkoha di Surabaya berkaitan dengan adanya stigma dari lingkungan sosialnva. Manfaat penelitian ini bagi ilmu pengetahuan sebagai sumber informasi yang dapat digunakan untuk penelitian-penelitian selanjutnya. Sedangkan untuk penelitian selanjutnya. Sedangkan bagi masyarakat untuk menumbuhkan rasa empati kepada para mantan pengguna narkoba. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori tentang konsep diri dan teori reaksi masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bertipe deskriptif. Lokasi penelitian ini ditetapkan di Surabaya, dengan pertimbangan bahwa Surabaya sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia. Dalam penelitian ini pemilihan informan dilakukan secara snowball. Informan yang diwawancarai adalah YS, TM. AD, SC, BY, KY. dan AW. Namun yang digunakan hanya lima orang. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (in dept interview) dengan menggunakan pedoman wawancara (interview guide). Hasil penelitian ini adalah bahwa konsep mantan pengguna narkoha terbentuk melalui tiga tahap yang dikenal dengan looking glass self teori dari Cooley. Para informan dalam penelitian ini tidak diam saja dalam melawan stigma dari lingkungan sosialnva. Para informan melawan stigma dari lingkungan sosialnva dengan berbagai Cara yang tujuannya untuk menghilangkan stigma dari lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 34/08 Nur k
Uncontrolled Keywords: NARCOTIC ADDICTS; SELF-EVALUATION; SELF-PERCEPTION
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Arief Nurprayitno, 070016261UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHerwanto Aryo M, Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Mar 2009 12:00
Last Modified: 13 Jul 2016 08:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15139
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item