SOCIUS-ALLEGORIA: STUDI SOSIOLOGI DALAM IMAGE IMPERATIVE DAN RESEPSI PENONTON

Lukman Wijaya Baratha, 070016191 (2008) SOCIUS-ALLEGORIA: STUDI SOSIOLOGI DALAM IMAGE IMPERATIVE DAN RESEPSI PENONTON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-barathaluk-9250-abstract-8.pdf

Download (302kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
15141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Realitas adalah apa yang dipantulkan oleh image dan dibangunkan keberadaan subyek dan obyeknya oleh Bahasa. Dalam wajah dan tatapan individu, dia menampilkan apa yang menjadi kenyataan ilusif dari fashion yang membungkusnya dalam jubah subyektifitas. Dalam realitas sosial, image dan bahasa menjadi kategori moral yang memberi aspek keruangan pada manusia. Yang subyektif dan obyektif ada didalamnya. Hal ini berarti bahwa posisi karya seni menjadi sebuah kenyataan bagi hadirnya ruang sosial. Kritik terhadap karya seni juga adalah kritik terhadap masyarkat. Hal ini di karena kan bahwa pemakaian teknologi reproduktif telah merubah teknik penciptaan karya menjadi massal. Juga bahwa reproduksi telah memindahkan institusi tradisional museum kedalam copy karya seni yang ada dalam media komunikasi massa. Jadi resepsi terhadap karya seni terjadi secara masif melalui kehadirannya dalam keseharian. Karya seni pulalah yang menjadi ruang di mana praktek politis berada. Resepsi penonton akan dibawah kedalam penerimaan atas nilai-guna yaitu dalam konsumenrisme ataukah ada respon lain yaitu yang menerima sebuah karya sebagai proses sosial yang tak pernah berhenti. Dan darinya perwujudan karya akan juga melibatkan pergulatan dari apa yang subyektif dan obyektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis S 32/08 Bar s
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; SCIENCE-SOCIAL ASPECTS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General) > H1-99 Social sciences (General)
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1041-1101 Social perception. Social cognition Including perception of the self and others, prejudices, stereotype
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsEmail
Lukman Wijaya Baratha, 070016191UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDaniel T. Sparringa, MA, Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dewi Rekno Ulansari
Date Deposited: 30 Mar 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 16:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/15141
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item